EKSPLORASI EKSPERIMEN KONSEPTUAL PADA TUMBUKAN MENGGUNAKAN ALGODOO

Indah Nur Fauziah, NIM.: 17106090002 (2022) EKSPLORASI EKSPERIMEN KONSEPTUAL PADA TUMBUKAN MENGGUNAKAN ALGODOO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPLORASI EKSPERIMEN KONSEPTUAL PADA TUMBUKAN MENGGUNAKAN ALGODOO)
17106090002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EKSPLORASI EKSPERIMEN KONSEPTUAL PADA TUMBUKAN MENGGUNAKAN ALGODOO)
17106090002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi simulasi tumbukan mobil menggunakan Algodoo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen konseptual dengan objek penelitian yaitu simulasi tumbukan mobil yang dibuat menggunakan Algodoo. Data hasil eksperimen konseptual berupa grafik yang dianalisis melalui Gnuplot dengan melakukan plotting dan fitting. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa simulasi tumbukan mobil yang dibuat menggunakan Algodoo melalui metode eksperimen konseptual dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran fisika SMA/MA pada materi momentum dan impuls. Simulasi tumbukan mobil yang dibuat menggunakan Algodoo dalam penelitian ini adalah simulasi tumbukan mobil lenting sempurna, lenting sebagian, dan tidak lenting sama sekali. Simulasi tumbukan mobil lenting sempurna terdiri dari tumbukan mobil lenting sempurna stationary target dan tumbukan mobil lenting sempurna moving target, sedangkan simulasi tumbukan sebagian terdiri dari tumbukan mobil lenting sebagian moving target dan tumbukan mobil lenting sebagian terhadap dinding. Simulasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran fisika metode demonstrasi dan praktikum untuk siswa dengan bimbingan guru. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan konsep-konsep fisika melalui eksperimen konseptual pada simulasi tumbukan mobil yang dibuat menggunakan Algodoo yaitu momentum, gaya, dan energi kinetik. Semua konsep-konsep yang ditemukan dapat diterapkan dalam pembelajaran fisika di tingkat SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Rachmad Resmiyanto, S.Si, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Simulasi tumbukan mobil, Algodoo, Eksperimen konseptual, Momentum dan Impuls, Pembelajaran fisika.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 10:36
Last Modified: 22 Sep 2022 10:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53339

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum