ANALISIS KEGIATAN PRAKTIKUM FISIKA SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI KABUPATEN CIREBON DI MASA PANDEMI COVID-19

Sekar Mawarni Dwi S, NIM.: 17106090006 (2022) ANALISIS KEGIATAN PRAKTIKUM FISIKA SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI KABUPATEN CIREBON DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEGIATAN PRAKTIKUM FISIKA SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI KABUPATEN CIREBON DI MASA PANDEMI COVID-19)
17106090006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEGIATAN PRAKTIKUM FISIKA SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI KABUPATEN CIREBON DI MASA PANDEMI COVID-19)
17106090006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan praktikum fisika selama pembelajaran daring, 2) Mengetahui pemanfaatan alat-alat praktikum fisika selama pembelajaran daring, dan 3) Mendeskripkan tanggapan guru dan siswa, dan kendala-kendala yang dihadapi praktikum fisika selama pembelajaran daring, 4) Mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dialami saat pelaksanaan praktikum fisika selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa lembar wawancara guru fisika, dan lembar angket yang ditujukan pada siswa kelas XI di 3 SMA Negeri Kabupaten Cirebon. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu (1) Reduksi Data, (2) Penyajian Data, dan (3) Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: 1) Berdasarkan hasil analisis wawancara guru fisika di SMAN 1 Waled, dan SMAN 1 Lemah Abang pelaksanaan praktikum fisika tidak dilaksanaan, tetapi menggunakan alternative lain dengan phET, dan simulasi praktikum. Sedangkan SMAN 1 Ciledug tidak melaksanakan kegiatan praktikum fisika. Sebanyak 33,81% siswa menyatakan pernah melakukan praktikum selama pembelajaran daring. 2) Hasil analisis wawancara yaitu, guru fisika di 3 SMAN di Kabupaten Cirebon kurang memanfaatkan alat-alat praktikum fisika selama pembelajaran daring. dan 36,53% siswa menyatakan guru kurang memanfaatakan alat-alat praktikum fisika, sehingga sebanyak 36,70% siswa yang hanya mengetahui dan memahami cara kerja alat-alat praktikum fisika. 3) Tanggapan guru dan siswa menyatakan bahwa praktikum fisika selama pembelajaran daring, terdapat perbedaan seperti tidak mengoperasikan alat-alat praktikum secara langsung, praktikum menjadi lebih sulit untuk dilakukan. Kemudian kendala pelaksanaan praktikum fisika selama pembelajaran daring yaitu, guru kesulitan untuk mengakses aplikasi/media digital alternatif praktikum fisika, guru kurang mahir dalam teknologi digital. Sebanyak 45,78% menyatakan siswa kesulitan untuk mengikuti praktikum fisika yang dilakukan selama pembelajaran daring. 4) Kelebihan dan kekurangan dalam ix pelaksanaan praktikum fisika selama pembelajaran daring yaitu, kelebihan, mendapatkan ilmu baru dalam pemanfaatan teknologi digital. Kekurangan, guru dan siswa kesulitan untuk memahami konsep praktikum fisika selama pembelajaran daring, dan pemahaman siswa tentang konsep fisika menjadi kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ika Kartika, S.Pd., M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Praktikum Fisika, Analisis
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 10:50
Last Modified: 22 Sep 2022 10:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53340

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum