PENGEMBANGAN MODUL FLUIDA DINAMIS BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA DI MAN 2 BANTUL

Muhammad Salman Alfarizi, NIM.: 17106090028 (2022) PENGEMBANGAN MODUL FLUIDA DINAMIS BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA DI MAN 2 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL FLUIDA DINAMIS BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA DI MAN 2 BANTUL)
17106090028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL FLUIDA DINAMIS BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA DI MAN 2 BANTUL)
17106090028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan modul berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) pada materi fluida dinamis. (2) Mengetahui kualitas modul fluida dinamis pembelajaran STEM pada MAN 2 Bantul. (3) Mengetahui respon peserta didik terhadap modul fluida dinamis berbasis STEM. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD) dengan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh tahap pengembangan diantaranya penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, pengujian lapangan awal, revisi utama, uji lapangan utama, revisi produk siap oprasional, uji lapangan oprasional, revisi produk akhir dan implementasi. Pelaksanaan penelitian ini dibatasi hingga revisi produk akhir. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain lembar validasi, lembar penilaian, lembar respon guru dan peserta didik. Skala yang digunakan pada lembar penilaian menggunakan skala likert yang terdiri dari 4 (empat) skala penilaian sedangkan untuk lembar respon guru dan peserta menggunakan skala Guttman yang terdiri dari 2 (dua) skala penilaian. Penialain kualitas, uji respon guru dan peserta didik disajikan dalam bentuk checklist. Hasil penelitian ini adalah: (1) Telah dihasilkan modul fluida dinamis berbasis STEM untuk peserta didik kelas XI MIPA di MAN 2 xi Bantul. (2) kualitas modul yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi dan media mendapatkan hasil Sangat Baik (SB). Rerata skor yang didapatkan pada penialaian ahli materi dan media masing-masing adalah 3,45 dan 3,30. (3) Respon yang didapatkan pada uji tahap uji coba produk ada empat yaitu respon guru, respon peserta didik pada uji lapangan awal, respon pesera didik pada uji lapangan utama dan respon peserta didik lapangan oprasional. Respon guru terhadap bahan ajar yang dikembangkan adalah Setuju (S) dengan rerata skor 0,96. Sedangkan hasil respon peserta didik pada uji lapangan awal hingga uji lapangan oprasional terhadap bahan ajar yang dikembangkan adalah Setuju (S) dengan rerata skor yang didapatkan masing-masing adalah 0,93; 0,91; 0,96. Berdasarkan perolehan skor ketika mengembangkan modul dan respon perserta didik yang dipaparkan dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan layak untuk digunakan peserta didik dalam pembelajaran fisika khususnya materi fluida dinamis. Respon positif juga diberikan oleh guru dan peserta didik terhadap modul fluida dinamis berbasis STEM pada setiap aspek yang diajukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Winarti, S.Pd., M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Modul Berbasis STEM, Modul Fluida Dinamis
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 13:47
Last Modified: 22 Sep 2022 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53347

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum