KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PAKERTI DALAM MENUMBUHKAN RELIGIUSITAS DIMENSI IBADAH PADA SISWA KELAS X DI SMK N 1 PENGASIH KULON PROGO

Salman Thoyibhi, NIM.: 18104010040 (2022) KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PAKERTI DALAM MENUMBUHKAN RELIGIUSITAS DIMENSI IBADAH PADA SISWA KELAS X DI SMK N 1 PENGASIH KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PAKERTI DALAM MENUMBUHKAN RELIGIUSITAS DIMENSI IBADAH PADA SISWA KELAS X DI SMK N 1 PENGASIH KULON PROGO)
18104010040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PAKERTI DALAM MENUMBUHKAN RELIGIUSITAS DIMENSI IBADAH PADA SISWA KELAS X DI SMK N 1 PENGASIH KULON PROGO)
18104010040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik usia remaja khususnya siswa kelas X sedang mengalami masa religious doubt. Hal ini menyebabkan siswa belum maksimal dalam menunaikan ibadah sesuai tuntunan agama. Disinilah peran hadirnya guru PAI dan Budi Pakerti khususnya dengan kompetensi kepemimpinannya. Kepemimpinan guru PAI dan Budi Pakerti dalam pembudayaan islami pada lingkungan sekolah diharapkan dapat menumbuhkan religiusitas dimensi ibadah pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana penerapan kompetensi Kepemimpinan guru PAI dan Budi Pakerti dalam menumbuhkan religiusitas dimensi ibadah pada siswa kelas X beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah Plh. Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, guru PAI dan Budi Pakerti kelas X, guru pembina OSIS, guru BK, ketua OSIS, ketua Rohis, Mentor keagamaan, dan siswa kelas X di SMK N 1 Pengasih Kulon Progo. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam, observasi non partisipatif, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik keabsahan data triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Penelitian ini menggunakan analisis data teknik Miles & Huberman, yang terdiri dari data reduction, data display, dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Guru PAI dan Budi Pakerti di SMK N 1 Pengasih sudah memiliki dan menjalankan kompetensi Kepemimpinannya dalam menumbuhkan religiusitas dimensi ibadah pada siswa kelas X dengan baik. Hal ini dibuktikan dari pelaksanaan indikator kompetensi Kepemimpinan berupa: kemampuan membuat perencanaan pembudayaan pengamalan ajaran agama, mengorganisasikan potensi unsur sekolah, menjaga keharmonisan umat beragama, menjadi inovator, motivator, fasilitator, pembimbing , dan konselor pengamalan ajaran islam. 2) Tercapainya indikator religiusitas dimensi ibadah pada siswa kelas X yaitu aspek ritual dan ketaatan yang sudah cukup baik. 3) Faktor pendukung adalah adanya karakter guru, karakter siswa, dukungan dari manajemen sekolah, dukungan sesama guru, dukungan rohis, fasilitas sekolah, siswa mayoritas beragama islam, dan latar belakang pendidikan siswa. 4). faktor penghambat adalah adanya pandemi, siswa kurang tertib dalam mengisi buku mentoring, perbedaan gender, dan latar belakang keluarga siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Rofik, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepemimpinan , Guru PAI dan Budi Pakerti, Religiusitas Dimensi Ibadah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 14:51
Last Modified: 22 Sep 2022 14:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53355

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum