PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATAKAN RANAH KOGNITIF SISWA KELAS 7 DI SMP NEGERI 2 BAMBANGLIPURO KABUPATEN BANTUL

RETNOAYU KUMALADEWI, NIM.: 18104010055 (2022) PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATAKAN RANAH KOGNITIF SISWA KELAS 7 DI SMP NEGERI 2 BAMBANGLIPURO KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATAKAN RANAH KOGNITIF SISWA KELAS 7 DI SMP NEGERI 2 BAMBANGLIPURO KABUPATEN BANTUL)
18104010055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATAKAN RANAH KOGNITIF SISWA KELAS 7 DI SMP NEGERI 2 BAMBANGLIPURO KABUPATEN BANTUL)
18104010055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran PAI merupakan sistem pendidikan yang mampu memberikan seseorang untuk memimpin kehidupannya yang sesuai dengan cita-cita dan nilai-nilai Islam. Dalam kegiatan belajar mengajar baik pada mata pelajaran PAI aspek kognitif merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan peserta didik dalam menentukan keberhasilan belajar. Di SMP Negeri 2 Bambanglipuro mengalami penurunan pengetahuan terhadap materi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang proses pembelajaran PAI dalam meningkatkan ranah kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara terhadap guru PAI, siswa, dan kepala sekolah. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, Hasil penelitian ini adalah: 1) Proses pembelajaran PAI di SMPN 2 Bambanglipuro dilaksanakan berdasarkan empat tahap yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan pengawasan pembelajaran. Tahap perencanaan pembelajaran dilakukan dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di awal tahun pembelajaran yang mengacu pada silabus, serta kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum 2013. Tahap pelaksanaan pembelajaran telah sesuai dengan kurikul 2013, dimana terdapat alokasi waktu 3x40 menit jam pelajaran dan menggunakan pendekatan abad 21. Tahap penilaian pembelajaran dilakukan berdasarkan tiga aspek penilaian, yaitu penilaian pengetahuan, penilaian sikap, dan penilaian keterampilan. Untuk mata pelajaran pedidikan agama Islam, penilaiannya berdasarkan kompetensi dasar mencakup penilaian sikap spiritual, penilaian sikap sosial, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Tahap pengawasan pembelajaran dilaksanakan oleh kepala sekolah melalui supervisi. 2) Di SMP Negeri 2 Bambanglipuro dalam meningkatkan ranah kognitif siswa menggunakan media pembelajaran, metode pembelajaran, memberian pengetahuan, dan perbaikan. 3) Hasil peningkatan diukur dari tingkatan kognitif dan hasil belajar. Hasil yang dicapai berdasarkan hasil belajar yaitu terdapat peningkatan terhadap ranah kognitif siswa kelas 7. Dimana rata-rata semula yaitu 81,75 mengalami peningkatan menjadi 85,79.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Moch. Fuad, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran PAI, Pembelajaran PAI, Ranah Kognitif
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 15:04
Last Modified: 22 Sep 2022 15:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53357

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum