UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA ERA NEW NORMAL KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN

Ulfah Ayu Khasanah, NIM.: 18104010063 (2022) UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA ERA NEW NORMAL KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA ERA NEW NORMAL KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN)
18104010063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA ERA NEW NORMAL KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN)
18104010063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah guru seharusnya dituntut untuk profesional mulai dari mengenali karakteristik peserta didik, merancang rencana pembelajaran, mengimplementasikan rencana dalam proses pembelajaran, mengevaluasi proses, hasil belajar dan mengembangkan potensi peserta didik. Banyak upaya yang dilakukan guru akidah akhlak dalam meningkatkan kompetensi pedagogik, pada masa pembelajaraan tatap muka di era new normal. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui kondisi kompetensi guru, 2) mengetahui problem yang dihadapi guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogik pada pembelajaran tatap muka di era new normal, 3) mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogik. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, wawancara. Dalam teknis analisis data, peneliti melakukan pengumpulan data, mereduksi data,menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru mata pelajaran akidah akhlak di SD Muhammadiyah Condongcatur belum Cukup ix memuaskan dalam menguasai karakteristik peserta didik dengan baik. Terbukti dari beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan peserta didik, terkadang guru masih ada yang menyalahkan peserta didik. Rencana pelaksanaan pembelajaraan hanya dibuat saat diminta oleh kepala sekolah. Dalam mengelola proses pembelajaran di kelas sudah menunjukkan kompetensi profesional, namun untuk kompetensi pedagogik, guru akidah akhlak masih perlu ditingkatkan. Seperti pemilihan metode saat mengajar, penguasaan media pembelajaraan, dan kemampuan menerapkan strategi pembelajaraan belum maksimal. Pada evaluasi pembelajaran sudah cukup terlihat, sistem penilaian yang dilakukan guru akidah akhlak yaitu diadakan remidi bagi yang belum mencapai KKM. Upaya yang sudah dilakukan oleh guru akidah akhlak yaitu dengan mengikuti KKG, diklat, seminar, seminar dan menambah wawasan lewat buku pengembangan profesi guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nur Munajat M.Si.
Uncontrolled Keywords: Upaya, Kompetensi Pedagogik, New Normal
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 15:12
Last Modified: 22 Sep 2022 15:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53358

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum