METODE AMSAL DAN KETELADANAN DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ

Ulya Samiyatunnafila, NIM.: 18104010086 (2022) METODE AMSAL DAN KETELADANAN DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE AMṠAL DAN KETELADANAN DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ)
18104010086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (METODE AMṠAL DAN KETELADANAN DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ)
18104010086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Perlunya mengkaji metode amṡal dan keteladanan dalam pembelajaran aqidah akhlaq sebagai salah satu rumpun ilmu pendidikan agama Islam yang tujuan pembelajarannya menekankan kepada aspek sikap serta pemahaman materi secara mendalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk: a) menguraikan metode amṡal dan keteladanan menurut ‘Abd Al-Raḥmân Al-Naḥlâwî. b) Bagaimana penerapan metode amṡal dan keteladanan dalam mata pelajaran aqidah akhlaq. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan buku Usūl al-Tarbiyah al-Islāmiyah wa Asālibuhā fi al Baiti wa al Madrasah wal Mujtama' sebagai buku utama dan buku lain yang terkait dengan metode amṡal dan keteladanan. Selain itu menggunakan metode wawancara untuk menguatkan metode di lapangan. Data dianalisis dengan menggunakan analisis konten. Hasil penelitian menemukan: (1) Metode amṡal menurut ‘Abd Al-Raḥmân Al-Naḥlâwî adalah metode dengan memberikan perumpamaan pada sesuatu yang lain guna mendekatkan sesuatu yang abstrak kepada yang konkrit (2) Metode keteladanan menurut ‘Abd Al-Raḥmân Al-Naḥlâwî adalah metode transfer pengaruh, baik secara langsung atau tidak langsung yang direspon melalui peniruan sebagai bentuk pola pembelajaran dengan menjadikan pendidik sebagai teladan. (3) Penerapan Model Amṡal merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan cara merumpamakan suatu hal dengan mengaitkan materi pembelajaran aqidah akhlaq yang diberikan melalui ucapan, gerak, maupun gambar-gambar. Dengan adanya perumpamaan ini, maka materi pelajaran yang abstrak akan menjadi jelas. (4) Penerapan metode keteladanan guru melalui beberapa tahapan yaitu pemberian nilai-nilai melalui materi, pemberian contoh, dan pembiasaan yang dapat memberikan kontribusi positif bagi guru maupun siswa seperti nilai kejujuran, tanggung jawab, sopan santun dan menjauhi akhlaq tercela

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Eva Latipah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Metode, Amṡal, Keteladanan, ‘Abd Al-Raḥmân Al-Naḥlâwî, Pembelajaran Aqidah Akhlaq.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 15:51
Last Modified: 22 Sep 2022 15:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53362

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum