STRATEGI GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGEMBANGKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) DI SMK N 1 DEPOK KELAS X TAHUN AJARAN 2021/2022

Lia Fatika Yiyi Permatasari, NIM.: 18104010107 (2022) STRATEGI GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGEMBANGKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) DI SMK N 1 DEPOK KELAS X TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGEMBANGKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) DI SMK N 1 DEPOK KELAS X TAHUN AJARAN 2021/2022)
18104010107_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGEMBANGKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) DI SMK N 1 DEPOK KELAS X TAHUN AJARAN 2021/2022)
18104010107_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Strategi pembelajaran pada pembelajaran tatap muka terbatas memiliki perbedaan dengan pembelajaran online maupun pembelajaran sebelum pandemi, karena keterbatasan waktu dalam pembelajaran, hal ini memberikan tantangan bagi Guru untuk dapat mengoptimalkan waktu pembelajaran. Kegiatan belajar dan mengajar perlu adanya media pendukung dalam pembelajaran dan pemilihan metode yang sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Strategi Guru PAI dan Budi Pekerti dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, metode dan media yang digunakan serta evaluasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti untuk mengembangkan efektivitas pembelajaran pada pembelajaran tatap muka terbatas di SMK N 1 Depok Sleman. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian 3 Guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X, dengan 20 informan peserta didik kelas X TB. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data dengan Teknik triangulasi. Teknik analisis data dengan data reduction (pemilihan data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi Guru PAI dan Budi Pekerti dalam mengembangkan efektivitas pembelajaran pada pembelajaran tatap muka terbatas di SMK N 1 Depok cukup efektif karena keterbatasan waktu pembelajaran, Guru PAI dan Budi Pekerti mempersiapkan pembelajaran dengan, 1) Membuat RPP berdasarkan silabus, 2) Mempersiapkan materi 3) Mempersiapkan media pembelajaran yang simpel. Strategi Guru PAI dan Budi Pekerti dalam melaksanakan pembelajaran untuk mengmbangkan efektivitas pembelajaran adalah dengan, Melaksanakan pembelajaran dengan memperhatikan waktu pembelajaran, peran guru sebagai motivator. Menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dan Memberikan media yang simpel, Strategi Guru PAI dan Budi Pekerti PAI dan BP dalam mengevaluasi pembelajaran untuk mengembangkan pembelajaran tatap muka terbatas di SMK N 1 Depok dengan, penilaian harian, penilaian PTS dan PAS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Radino, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru PAI dan Budi Pekerti, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Sep 2022 08:18
Last Modified: 23 Sep 2022 08:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53363

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum