ANALISIS PERILAKU SOSIAL ANAK DITINJAU DARI URUTAN LAHIR DI KELAS B 3 RA ARIF RAHMAN HAKIM

Shobihatul Hidayah, NIM.: 18104030005 (2022) ANALISIS PERILAKU SOSIAL ANAK DITINJAU DARI URUTAN LAHIR DI KELAS B 3 RA ARIF RAHMAN HAKIM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERILAKU SOSIAL ANAK DITINJAU DARI URUTAN LAHIR DI KELAS B 3 RA ARIF RAHMAN HAKIM)
18104030005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERILAKU SOSIAL ANAK DITINJAU DARI URUTAN LAHIR DI KELAS B 3 RA ARIF RAHMAN HAKIM)
18104030005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Hubungan keluarga sangat mempengaruhi penyesuaian diri secara sosial diluar rumah, termasuk sekolah. Urutan kelahiran didalam keluarga juga disebut-sebut sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi karakteristik atau perilaku seorang anak. Perilaku yang spesifik diarahkan kepada orang lain disebut perilaku sosial. Perilaku sosial adalah perilaku yang memiliki nilai manfaat bagi orang lain. Sebuah rutinitas atau kebiasaan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari berupa suatu tindakan merupakan bentuk dari perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana posisi urutan lahir masing-masing anak di Kelas B 3 RA Arif Rahman Hakim dan mengetahui bagaimana perilaku sosial masing-masing anak di Kelas B 3 RA Arif Rahman Hakim. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini meliputi; Staf Tata Usaha Lembaga Pendidikan RA Arif Rahman Hakim, Guru Pamong beserta Anak-anak di Kelas B 3 RA Arif Rahman Hakim. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, kemudian kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan triangulasi teori. Dari hasil penelitian diketahui bahwa; 1) Jumlah peserta didik di Kelas B 3 RA Arif Rahman Hakim adalah 16 orang, terdiri dari 10 murid laki-laki dan 6 murid perempuan. Dari ke-16 anak tersebut diketahui terdiri dari 1 anak sulung, 1 anak tengah, 5 anak bungsu, dan 9 anak tunggal. 2) Jika dilihat dari 11 perilaku sosial anak yakni; Kerja sama, persaingan, kemurahan hati, hasrat akan penerimaan sosial, simpati, empati, ketergantungan, sikap ramah, sikap tidak mementingkan diri sendiri, meniru, dan perilaku kelekatan, secara keseluruhan anak-anak di Kelas B 3 RA Arif Rahman Hakim dinilai sudah Berkembang Sangat Baik (BSB). Hanya saja masih ada beberapa anak yang capaian indikator perilaku sosialnya masih belum bisa dikategorikan telah Berkembang Sangat Baik (BSB). Setelah ditelusuri setidaknya ada 3 orang anak yang capaian indikator perilaku sosialnya belum bisa dikategorikan telah Berkembang Sangat Baik (BSB). Ketiga anak tersebut merupakan 2 anak bungsu dan 1 anak tunggal. Akan tetapi, selama penelitian berlangsung ditemui perbedaan respon sikap pada masing-masing anak meski dengan kategori posisi urutan lahir yang sama. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa meski mereka menduduki kategori posisi urutan lahir yang sama, bukan berarti perilakunya sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sigit Purnama, S. Pd. I., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Perilaku Sosial Anak, Urutan Lahir
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Sep 2022 13:57
Last Modified: 23 Sep 2022 13:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53377

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum