PERANAN ORANG TUA TERHADAP PENANAMAN NILAI­NlLAI KEAGAMAAN ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK RAUDLATUL ATHFAL CATURTUNGGAL KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN YOGY AKARTA

Mahya, NIM. 00220064 (2006) PERANAN ORANG TUA TERHADAP PENANAMAN NILAI­NlLAI KEAGAMAAN ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK RAUDLATUL ATHFAL CATURTUNGGAL KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN YOGY AKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN ORANG TUA TERHADAP PENANAMAN NILAI­NlLAI KEAGAMAAN ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK RAUDLATUL ATHFAL CATURTUNGGAL KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA)
00220064_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERANAN ORANG TUA TERHADAP PENANAMAN NILAI­NlLAI KEAGAMAAN ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK RAUDLATUL ATHFAL CATURTUNGGAL KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA)
00220064_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penanaman akhlak pada anak yang bertujuan untuk memberikan dasar-dasar sifat bagi anak dan menjadikan rasul sebagai suri tauladan dalam hidupnya. Penanaman nilai keimanan, nilai ibadah, dan akhlak ini adalah untuk meningkatkan aqidah akhlak dan kecerdasan spiritual anak. Dan cara yang digunakan orangtua dalam menanamkan nilai kimanan, nilai ibadah dan akhlak tersebut adalah dengan nasehat, cerita dan keteladan para orang tua anak yang dilakukan dalam kesehariannya. Faktor yang berasal dari anak. Anak malas belajar dan dengan banyak acara televisi yang memanjakan anak, sehingga sianak malas untuk belajar atau terganggu kosentrasinya untuk belajar, dan enggan mengikuti apa yang tclah diajarkan olch orang tua dalam kaitannya dengan penanaman nilai-nilai keagamaan, seperti salat berjamaah, mengaji, dll.Faktor yang berasal dari orang tua. Kcsibukan orang tua dalam aktifitas keschariannya seringkali lupa waktu sehingga anak kurang mendapat kasih sayang dan mengakibatkan psikologi anak menjadi terganggu. Kalau hal ini dibiarkan terns menerus dikhawatirkan anak akan tumbuh menjadi anak yang liar karena kurangnya pengawasan dan bimbingan dari orang tua dalam tingkah laku keseharian mereka. Adapun berupa hambatan para orang tua yang melalui dalam proses penanaman keagamaan pada anak-anak mereka adalah mcntransfcr bahasa orang dewasa dengan anak-anak mereka agar mudah difahami, rendahnya disiplin anak dalam belajar sehingga para orang tua hams bekerja extra agar sianak mau belajar, kalau mereka scdang rewal/nangis tidak mau mendengarkan nasehat orang tuanya sehingga para orang tua hams sabar dan bersikap lembut menunggui sampai sianak timbul kesadarannya sendiri untuk bcrhenti mcnangis atau bermain. Karena untuk memberikan pengajaran yang terlalu disiplin dan keras kebanyakan orang tua merasa tidak tega terhadap anak-anaknya apalagi sampai memukul anaknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman nIlai-nilai keagamaan anak, Taman Kanak Kanak Raudlatul Athfal Caturtunggal
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Sep 2022 11:35
Last Modified: 23 Sep 2022 11:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53381

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum