STRATEGI GURU DALAM MEMBANGUN KESIAPAN ANAK MASUK SEKOLAH DASAR DI TK BATIK PC.GKBI MEDARI SLEMAN YOGYAKARTA

Retno Ayu Wulandari, NIM.: 18104030052 (2022) STRATEGI GURU DALAM MEMBANGUN KESIAPAN ANAK MASUK SEKOLAH DASAR DI TK BATIK PC.GKBI MEDARI SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU DALAM MEMBANGUN KESIAPAN ANAK MASUK SEKOLAH DASAR DI TK BATIK PC.GKBI MEDARI SLEMAN YOGYAKARTA)
18104030052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GURU DALAM MEMBANGUN KESIAPAN ANAK MASUK SEKOLAH DASAR DI TK BATIK PC.GKBI MEDARI SLEMAN YOGYAKARTA)
18104030052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Persiapan anak masuk sekolah dasar di TK Batik PC.GKBI khususnya di sentra persiapan masuk sekolah dasar dinilai masih kurang efektif jika pemberian pembelajaran anak dengan cara yang lama seperti menggunakan LKA, maka diadakan perombakan yang besar terhadap strategi pembelajarannya. Strategi tersebut dikaitkandengan karakter yang disukai oleh anak, agar pemberian pembelajaran menyenangkan. PenelitianjiniDmenggunakan penelitiankkualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulanzdata pada penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian selama dilapangan menggunakan reduksindata, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasilsdari penelitian inidadalah TK Batik mempersiapkan anak fokus pada kemampuan kognitif pada anak, mayoritas peserta didik sudah siap dengan memiliki kemampuan dasasr matematis, literasi, dan pengenalan konsep bilangan serta alfabetis. Strategi yang diterapkan oleh guru kepada anak dengan strategi pembelajaran langsung yaitu guru memberikan pembelajaran dikelas, strategi pembelajaran secara individual adalah peserta didik mengerjakan tugasnya dengan sendiri, strategi pembelajaram kelompok yaitu penyelesaian tugas dilakukan dengan gabungan beberapa peserta didik, strategi pembelajaran deduktif yaitu pembelajaran yang dijelaskan terlebih dahulu oleh guru kemudian peserta didik mengerjakannya, dan strategi pembelajaran secara induktif yaitu dengan cara peserta didik diberikan suatu pekerjaan kemudian peserta didik menebaknya atau mengerjakan terlebih dahulu tanpa diberikan contohnya. Faktor pendukungnya adalah guru membuat media pembelajaran dan permainan edukatif yang menarik agar anak selalu bersemangat, rasa ingin tahunya tinggi, dan bisa mengembangkan imajinasi anak, guru yang ada di TK Batik adalah guru yang professional, ketersediaan sarana prasarana memadai, dan dukungan yang bagus dari wali murid dalam proses pembelajarannya. Beberapa anak yang masih kurang mandiri dan kurang disiplin pada proses pembelajaran menjadi faktor penghambat yang ada dikelas sentra persiapan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hibana Yusuf, S.Ag, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi guru, Kesiapan anak masuk sekolah dasar
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Sep 2022 14:00
Last Modified: 23 Sep 2022 14:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53386

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum