PENERAPAN MEDIA POHON BILANGAN UNTUK MENGENALKAN KONSEP BILANGAN DI RA MASYITHOH BANYUURIP, BANTUL, YOGYAKARTA

Fitra Fatonah, NIM.: 18104030075 (2022) PENERAPAN MEDIA POHON BILANGAN UNTUK MENGENALKAN KONSEP BILANGAN DI RA MASYITHOH BANYUURIP, BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MEDIA POHON BILANGAN UNTUK MENGENALKAN KONSEP BILANGAN DI RA MASYITHOH BANYUURIP, BANTUL, YOGYAKARTA)
18104030075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MEDIA POHON BILANGAN UNTUK MENGENALKAN KONSEP BILANGAN DI RA MASYITHOH BANYUURIP, BANTUL, YOGYAKARTA)
18104030075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Mengenal konsep bilangan merupakan bagian darisperkembanganskognitif anak. Pengenalankkonsep bilangan perlu dikenalkan sejak dini guna membentuk pengetahuan dan kemampuan dasar bagi anak. Media pohon bilangan menjadissalah satummedia guna mengenalkan konsep bilangan kepada anak dengan melibatkan anak secara langsung dalan belajar mengenal konsep bilangan dengan benda konkret. Tujuanddarippenelitianiini adalah guna mengetahui dan memaparkan penerapan media pohon bilangan untuk mengenalkan konsep bilangan di RA Masyithoh Banyuurip. Penelitian inimmerupakan penelitiankkualitatif dengan pengumpulanddata melalui metodewwawancara, observasi,ddan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga tahapan pada penerapan media pohon bilangan untuk mengenalkan konsep bilangan yaitu tahappperencanaan,ppelaksanaan, serta evaluasi dan penilaian. Dalam tahap pelaksanaan, guru mengaitkan topik pembelajaran dengan konsep bilangan dengan metode bernyanyi, bercerita, melibatkan kemampuan indera peraba, tantangan berkelompok, tanya jawab, dan bermain kantong bilangan dengan media pohon bilangan. Faktor pendukung kegiatan tersebut adalah kecakapan guru dalam mengembangkan metode pembelajaran, minat belajar pesertaddidik yang baik, efektivitas penggunaan media pohon bilangan, dan juga dukungan dari orangtua peserta didik. Adapun faktor penghambatnya yaitu terdapat bagian pada media pohon bilangan yang mudah rusak, kesiapan belajar sebagian anak yang masih kurang, dan sempitnya ruang kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hibana, S.Ag.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Media Pohon Bilangan, Konsep Bilangan
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Sep 2022 14:07
Last Modified: 23 Sep 2022 14:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53390

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum