PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN MAGNET ABJAD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I MIN I YOGYAKARTA

Salsabila Ramadhani, NIM : 18104080001 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN MAGNET ABJAD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I MIN I YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN MAGNET ABJAD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I MIN I YOGYAKARTA)
18104080001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN MAGNET ABJAD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I MIN I YOGYAKARTA)
18104080001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran atau biasa yang disebut dengan alat peraga pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan dalam membantu proses belajar mengajar dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu alat peraga pembelajaran menggunakan bahan papan magnet yang dimana jarang sekali sekolah dalam menggunakan alat peraga papan magnet tersebut dengan menggunakan alat peraga papan magnet menumbuhkan inovasi baru dalam pembelajaran literasi atau membantu siswa dalam mengasah huruf, kata serta kalimat dengan menggunakan alat peraga papan magnet tersebut. Alat peraga papan magnet terbilang media pembelajaran yang tidak monoton yang dimana semua orang atau sekolah menggunakannya. Dengan hadirnya alat peraga tersebut menciptakan pembelajaran dan permainan yang akan membuat siswa senang serta semangat dalam melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga papan magnet terhadap kemampuan membaca dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas I MIN I Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimental Design dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas dan terikat. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ialah variabel bebas dan terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini ialah penggunaan alat peraga papan magnet sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan membaca siswa. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas I MIN I Yogyakarta, sedangkan yang digunakan sebagai penelitian ix adalah sampelnya yang mana yaitu kelas I C sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas I B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara wali kelas, siswa perwakilan serta tes pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan membaca siswa kelas I C dan kelas I B. Uji hipotesis dalam penelitian menggunakan Uji Independent Sample T Test untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga papan magnet terhadap kemampuan membaca dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas I MIN I Yogyakarta. Sementara itu untuk mengetahui kenaikan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan Uji N-gain. Dengan itu hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan alat peraga papan magnet efektif terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa kelas I dengan perolehan nilai Sig kurang dari 0, 05

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Aninditya Sri Nugraheni, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Alat Peraga Papan Magnet, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Kemampuan Membaca
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Sep 2022 15:31
Last Modified: 23 Sep 2022 15:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53391

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum