PENGARUH GAME ONLINE MOBILE LEGEND TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DI MIN 2 BANTUL YOGYAKARTA

Siwi Damayanti, NIM..18104080031 (2022) PENGARUH GAME ONLINE MOBILE LEGEND TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DI MIN 2 BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH GAME ONLINE MOBILE LEGEND TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DI MIN 2 BANTUL YOGYAKARTA)
18104080031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH GAME ONLINE MOBILE LEGEND TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DI MIN 2 BANTUL YOGYAKARTA)
18104080031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Merebaknya game online Mobile Legend di kalangan siswa membuat siswa kehilangan minat belajar. Game online Mobile Legend menjadi salah satu faktor yang menyebabkan minat belajar siswa turun . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penggunaan game online Mobile Legend dan minat belajar siswa kelas V MIN 2 Bantul Yogyakarta serta mengetahui pengaruh game online Mobile Legend terhadap minat belajar siswa kelas V MIN 2 Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif Korelatif dengan menggunakan kuisioner sebagai data pendukung dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN 2 Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 68 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel jenuh dimana populasi adalah sampel. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat penggunaan game online Mobile Legend siswa kelas V MIN 2 Bantul Yogyakarta tergolong sering dengan hasil prosentase 71,4 %. Tingkat minat belajar siswa kelas V MIN 2 Bantul Yogyakarta tergolong kurang baik dengan hasil prosentase 49,7%. Dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh game online Mobile Legend terhadap minat belajar siswa kelas V MIN 2 Bantul Yogyakarta ditunjukkan dengan hasil persamaan regresi linier sederhana Y = 24,332 ˗ 0,193X yang berarti bahwa nilai konsistensi variabel minat belajar sebesar 24,332 koefisien regresi X sebesar -0,193 yang mana penambahan 1% nilai penggunaan game online Mobile Legend maka minat belajar akan turun sebesar -0,193. Koefisien tersebut bernilai negatif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh penggunaan (Variabel X) game online Mobile Legend terhadap minat belajar (Variabel Y) adalah berbanding terbalik atau negatif. Sedangkan hasil uji hipotesis menunjukkan sig. 0,00 dimana nilai sig. < 0,05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak, maka dapat diambil kesimpulan bahwa game online Mobile Legend berpengaruh terhadap minat belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. M. Saidul Muzzaki, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Game online Mobile Legend, Minat Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Sep 2022 15:33
Last Modified: 23 Sep 2022 15:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53400

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum