HUBUNGAN KEJENUHAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI MIN 1 YOGYAKARTA

Putri Lailatun Ni’mah, NIM.: 18104080039 (2022) HUBUNGAN KEJENUHAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI MIN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KEJENUHAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI MIN 1 YOGYAKARTA)
18104080039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KEJENUHAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI MIN 1 YOGYAKARTA)
18104080039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran online dalam jangka waktu yang cukup lama dapat menyebabkan kejenuhan belajar pada siswa. Apabila kejenuhan belajar tidak segera diatasi, maka akan menyebabkan terjadinya learning loss pada siswa. Salah satu tanda bahwa siswa mengalami learning loss, yakni siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, salah satunya yaitu mata pelajaran matematika yang dipersepsikan sulit dan menakutkan oleh siswa. Siswa yang sulit memahami materi akan mengalami ketegangan mental, dan menyebabkan kondisi fisik menjadi tidak baik, sehingga akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui tingkat kejenuhan belajar dalam pembelajaran online pada siswa kelas V di MIN 1 Yogyakarta. (2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas V di MIN 1 Yogyakarta. (3) Untuk mengetahui hubungan antara kejenuhan belajar dalam pembelajaran online dengan hasil belajar siswa kelas V di MIN 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian survei dan ex post facto, yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas (X) kejenuhan belajar dan variabel terikat (Y) hasil belajar. Penelitian ini mengambil populasi dan sampel seluruh siswa kelas V di MIN 1 Yogyakarta, dengan teknik sampling jenuh. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: kejenuhan belajar siswa yang diambil dari hasil pengisian angket yang diberikan kepada siswa, hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil belajar ulangan harian matematika siswa semester genap. Sedangkan analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kejenuhan belajar dampak dari pembelajaran online pada siswa kelas V di MIN 1 Yogyakarta mempunyai tingkat kejenuhan belajar pada kategori rendah dan sangat rendah dengan jumlah presentase 82,6%, dengan nilai rata-rata kejenuhan belajar sebesar 53,97. (2) Hasil belajar matematika siswa kelas V di MIN 1 Yogyakarta mempunyai tingkat hasil belajar pada kategori tinggi dan sangat tinggi dengan jumlah presentase 81,4% , dengan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 87,92. (3) Terdapat hubungan negatif dan signifikan antara kejenuhan belajar dalam pembelajaran online dengan hasil belajar matematika siswa kelas V di MIN 1 Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dari persamaan regresi Y=123,591–0,661X dan besarnya rhitung>rtabel (-0,942>0,212) dan nilai signifikansi sebesar 25,693 yang berarti harga thitung> ttabel = 25, 693 > 1,663. Dengan derajat hubungan yaitu korelasinya sangat tinggi, dengan bentuk negatif yang berarti semakin tinggi kejenuhan belajar maka akan semakin rendah hasil belajar dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Endang Sulistyowati, M.Pd.I.,
Uncontrolled Keywords: Kejenuhan Belajar, Pembelajaran Online, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Sep 2022 15:32
Last Modified: 23 Sep 2022 15:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53402

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum