KOLABORASI FILANTROPI PADA PANDEMI COVID-19: STUDI MANAJEMEN KOLABORASI GERAKAN ZAKAT MERESPON DAMPAK PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020-2021

Maulana Kurnia Putra, S.Sos., NIM.: 18200010017 (2022) KOLABORASI FILANTROPI PADA PANDEMI COVID-19: STUDI MANAJEMEN KOLABORASI GERAKAN ZAKAT MERESPON DAMPAK PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020-2021. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOLABORASI FILANTROPI PADA PANDEMI COVID-19: STUDI MANAJEMEN KOLABORASI GERAKAN ZAKAT MERESPON DAMPAK PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020-2021)
18200010017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KOLABORASI FILANTROPI PADA PANDEMI COVID-19: STUDI MANAJEMEN KOLABORASI GERAKAN ZAKAT MERESPON DAMPAK PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020-2021)
18200010017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi COVID-19 berdampak pada krisis multidimensi di Indonesia yang membutuhkan kerjakeras banyak pihak termasuk Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) untuk menekan dampak negatifnya. Pada dampak kesehatan, sosial, dan ekonomi gerakan filantropi Islam di Indoensia ikut memberi andil dalam kerja sosial. Pandemi COVID-19 membawa dampak perubahan pada manajemen Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) menuju gerakan-gerakan kolaborasi antar organisasi di skala kota/kabupaten, provinsi, hingga nasional yang dikelola dan diarahkan oleh Forum Zakat (FOZ) dan juga antar sektoral: negara, swasta, dan sipil. Kedermawanan sosial pada awal pandemi COVID-19 dikonsolidasi dan dikolaborasikan oleh Forum Zakat (FOZ) di tingkat nasional untuk merespon dampak negatif di berbagai lapisan masyarakat. Untuk mengoptimalkan gerakan kolaborasi antar Organisasi Pengelola Zakat (OPZ), maka diperlukan perencanaan dan strategi manajemen kolaborasi yang tepat. Penelitian ini melakukan analisis manajemen kolaborasi yang dilakukan oleh Forum Zakat (FOZ) nasional untuk mengoptimalkan fungsi dan peranan program-program anggotanya selama pandemi COVID-19 di Indonesia dengan kajian manajemen kolaborasi. Dengan metode studi kasus yang dilakukan Forum Zakat Nasional, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DI. Yogyakarta, sehingga diperoleh deskripsi strategi pengelolaan kolaborasi organisasi pengelola zakat. Dengan harapan dapat diduplikasikan pada manajemen kerja sosial berbasis kawasan, kasus, ataupun wacana yang sedang terjadi sehingga dapat memberikan kerja sosial yang kompak dan berdampak secara efektif dan efisien yang melibatkan semua pihak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Najib Kailani, S.Fil.I., M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Forum Zakat, manajemen kolaborasi, COVID-19
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Sosial, Gerakan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Sep 2022 08:40
Last Modified: 26 Sep 2022 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53406

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum