UPAYA PERCEPATAN PENINGKATAN GRADUASI SEJAHTERA MANDIRI BAGI KELUARGA PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN (STUDI KASUS PPKH KAPANEWON BANTUL, KABUPATEN BANTUL, DI YOGYAKARTA)

Rofiatulkhoiri Albaroroh, NIM.: 19200010114 (2022) UPAYA PERCEPATAN PENINGKATAN GRADUASI SEJAHTERA MANDIRI BAGI KELUARGA PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN (STUDI KASUS PPKH KAPANEWON BANTUL, KABUPATEN BANTUL, DI YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PERCEPATAN PENINGKATAN GRADUASI SEJAHTERA MANDIRI BAGI KELUARGA PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN (STUDI KASUS PPKH KAPANEWON BANTUL, KABUPATEN BANTUL, DI YOGYAKARTA))
19200010114_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PERCEPATAN PENINGKATAN GRADUASI SEJAHTERA MANDIRI BAGI KELUARGA PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN (STUDI KASUS PPKH KAPANEWON BANTUL, KABUPATEN BANTUL, DI YOGYAKARTA))
19200010114_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Target graduasi sejahtera mandiri KPM menjadi arah kebijakan saat ini, bukan lagi tentang sekedar memastikan bantuan tepat sasaran namun utamanya bagaimana mengentaskan kemiskinan dengan menghasilkan KPM graduasi berdaya. PPKH Kapanewon Bantul telah memberikan kontribusi positif terhadap kondisi sosial ekonomi KPM PKH, hal itu dicapai berkat adanya strategi yang diimplikasikan dan dikembangkan pelaksanaannya dalam upaya mempercepat kemandirian KPM PKH. Penelitian ini berusaha menguraikan hal yang dilakukan PPKH Kapanewon Bantul dalam upaya percepatan peningkatan graduasi sejahtera mandiri bagi KPM PKH Kapanewon Bantul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan sebagai upaya untuk menguraikan secara rinci proses PPKH kapanewon Bantul dalam mendorong KPM PKH menuju kemandirian dari PKH. Teknik pengambilan data dilakukan melalui tiga metode yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara melibatkan 10 (sepuluh) informan dengan teknik pemilihan melalui purposive sampling yang sudah ditetapkan oleh penulis melalui berbagai pertimbangan atau kriteria tertentu. Upaya yang dilakukan oleh PPKH Kapanewon Bantul dalam melakukan percepatan peningkatan graduasi sejahtera mandiri bagi KPM PKH kapanewon Bantul adalah pertama melalui peran pendamping yaitu melakukan pendampingan di P2K2/FDS, pemberian motivasi individu dan kesadaran untuk graduasi sejahtera mandiri dan melakukan pemetaan KPM PKH potensial graduasi dan bidik graduasi terhadap KPM PKH yang diduga sudah mampu. Yang kedua menjalin kerja sama dan bersinergi dengan pemerintah kapanewon Bantul, pemerintah kalurahan/Dukuh, Polsek Bantul, dan penyuluh agama KUA Bantul. Kemudian yang ketiga dengan pemberian modal usaha melalui program kewirausahaan seperti KUBE (kelompok usaha bersama) dan proKUS (Program Kewirausahaan Sosial).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nina Mariani Noor, SS.,MA.
Uncontrolled Keywords: Graduasi Sejahtera Mandiri, Upaya Pengentasan Kemiskinan, PKH, KPM
Subjects: Keluarga Sejahtera
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Sep 2022 09:45
Last Modified: 26 Sep 2022 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53426

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum