PENDAMPINGAN KORBAN EKSPLOITASI ANAK JALANAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER OLEH YAYASAN RUMAH IMPIAN YOGYAKARTA

Salama, S.Sos, NIM.: 19200010116 (2022) PENDAMPINGAN KORBAN EKSPLOITASI ANAK JALANAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER OLEH YAYASAN RUMAH IMPIAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDAMPINGAN KORBAN EKSPLOITASI ANAK JALANAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER OLEH YAYASAN RUMAH IMPIAN YOGYAKARTA)
19200010116_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENDAMPINGAN KORBAN EKSPLOITASI ANAK JALANAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER OLEH YAYASAN RUMAH IMPIAN YOGYAKARTA)
19200010116_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan kesejahteraan anak merupakan salah satu isu penting yang tidak pernah selesai pembahasannya di Indonesia hingga saat ini. Terlepas dari fakta bahwa anak memiliki posisi strategis dalam menentukan keberlangsungan hidup dalam sebuah keluarga, kebijakan terkait perlindungan dan kesejahteraan anak dipandang masih belum maksimal. Adalah merupakan hak dasar bagi semua anak untuk memperoleh kesempatan tumbuh kembang secara wajar menuju kedewasaannya. Masalah perlindungan dan kesejahteraan anak jalanan sendiri selama ini cenderung dikaji dari berbagai sudut pandang, seperti kekerasan terhadap anak jalanan, eksploitasi anak jalanan, serta beragam aspek lainnya. Fokus penelitian ini terkait bagaimana pendampingan korban eksploitasi anak jalanan oleh Yayasan Rumah Impian Yogyakarta serta bagaimana signifikansi program pendampingan tersebut terhadap pembentukan karakter anak-anak jalanan korban eksploitasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan dengan, observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan melibatkan objek yang terdiri dari pengurus Yayasan Rumah Impian dan anak-anak korban eksploitasi. Metodologi tersebut digunakan, sebagai upaya untuk menggambarkan secara mendalam proses pendampingan, serta signifikansi program pendampingan dengan menggunakan kerangka teori sistem yang menekankan pada sebuah perspektif dengan memberikan cara untuk memahami, menunjukkan bagaimana semua anggota keluarga dan masyarakat dapat saling mempengaruhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pendampingan korban eksploitasi oleh Yayasan Rumah Impian dalam membentuk karakter anak memiliki empat poin utama, yakni pendampingan psikologis, fisik, keagamaan, dan pendampingan terhadap orang tua korban. Empat hal tersebut diwujudkan dalam bentuk konseling kelompok dan individu, pendampingan olahraga, pemeriksaan kesehatan, pendampingan minat bakat, kegiatan keagamaan kepada anak, seperti sholat berjamaah, mengajarkan puasa, ibadah untuk yang non-muslim, kunjungan serta pelatihan bagi orang tua. Langkah-langkah pendampingan tersebut, merupakan konsep Yayasan Rumah Impian dalam mendampingi dan membentuk karakter anak yang telah memberikan dampak signifikan pada perubahan perilaku dan sisi karakter anak menjadi lebih positif serta percaya diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhrisun, S.Ag., BSW, M.Ag., MSW
Uncontrolled Keywords: Eksploitasi Anak Jalanan, Pendampingan, Teori Sistem
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Sep 2022 09:53
Last Modified: 26 Sep 2022 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53428

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum