PENGEMBANGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK BIMBINGAN DAN KONSELING GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (JUNIOR HIGH SCHOOL)

Aziz Inmas Prasetya, NIM.: 19200010117 (2022) PENGEMBANGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK BIMBINGAN DAN KONSELING GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (JUNIOR HIGH SCHOOL). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK BIMBINGAN DAN KONSELING GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (JUNIOR HIGH SCHOOL))
19200010117_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK BIMBINGAN DAN KONSELING GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (JUNIOR HIGH SCHOOL))
19200010117_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa macromedia flash untuk bimbingan dan konseling guna meningkatkan pemahaman siswa tentang layanan bimbingan dan konseling. Bimbingan dan konseling merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang berupaya membantu siswa guna mencapai kebahagiaan hidup pribadinya. Pada kenyataannya masih banyak siswa belum memahami layanan bimbingan dan konseling dikarenakan kurang optimalnya pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah baik itu secara materi maupun media yang digunakan, sehingga berdampak pada persepsi negatif siswa dan kurangnya minat siswa untuk memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling. Oleh sebab itu perlu adanya upaya untuk memberikan pemahaman pada siswa tentang layanan bimbingan dan konseling sehingga kedepannya siswa dapat memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling guna mengembangkan potensinya seoptimal mungkin. Salah satu upaya meningkatkan pemahaman siswa tentang layanan bimbingan dan konseling dengan cara menarik antusias siwa dalam mengikuti lyanan, yaitu melalui inovasi media seperti macromedia flash. Penggunaan macromedia flash tentang layanan bimbingan dan konseling ini diharapkan dapat meningkatkan pemhaman siswa tentang layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R & D (Research and Development) yang dikemukakan oleh Borg & Gall dan diadaptasi oleh Sugiono. Subyek dalam penelitian ini yaitu subyek ahli dan uji coba lapangan. Subyek ahli meliputi uji ahli materi, ahli media, dan ahli layanan bimbingan dan konseling, sedangkan untuk subyek uji coba lapangan yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Adimulyo yang meliputi dua uji coba diantaranya, 10 siswa sebagai sampel terbatas pada uji coba produk, dan 30 siswa pada uji coba pemakaian.” “Hasil penelitian ini menghasilkan produk berupa macromedia flash tentang layanan bimbingan dan konseling. Hasil penilaian produk menunjukkan bahwa memperoleh penilaian dari ahli materi dengan kategori sangat baik dengan nilai 97,92, ahli media memperoleh penilaian dengan kategori baik dengan nilai 65, dan ahli layanan BK memperoleh nilai 86,53 dengan kategori sangat baik. Sedangkan untuk uji efektivitas produk, diketahui bahwa rata-rata skor pretest 15,57 dan rata-rata skor posttest 21,60. Dengan selisih sebesar 6,03 poin. Kemudian, berdasarkan perhitungan rumus t-test diperoleh t sebesar 14,295 dan setelah dikonsultasikan dengan tabel distribusi t diperoleh perbandingan perbandingan t0.05 < t yaitu 2,045 < 14,295. Hal ini menunjukan bahwa terdapat peningkatkan pemahaman siswa tentang materi layanan bimbingan dan konseling. Dengan demikian, macromedia flash tentang layanan bimbingan dan konseling telah layak dan efektif untuk digunakan sebagai media dalam layanan bimbingan dan konseling.”

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Zulkipli Lessy, M.Ag., M.S.W., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Macromedia Flash, Layanan Bimbingan Dan Konseling, Penelitian Pengembangan.
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Sep 2022 09:56
Last Modified: 26 Sep 2022 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53429

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum