PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA KELAS VIII

Ria Juliana, NIM.: 18106000003 (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA KELAS VIII)
18106000003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA KELAS VIII)
18106000003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penguasaan dan pemahaman peserta didik pada materi barisan dan deret aritmetika masih rendah. Problem Based Learning terbukti mampu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap suatu materi pembelajaran. Berdasarkan hasil studi literatur, Lembar Kerja Peserta Didik yang beredar saat ini hanya berupa ringkasan materi dan kumpulan soal-soal sehingga belum mampu mengoptimalkan potensi dan kreatifitas peserta didik dalam memahami konsep matematika. Lembar Kerja Peserta Didik yang terbukti mampu mengoptimalkan potensi dan kreatifitas peserta didik yaitu Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Problem Based Learning pada materi barisan dan deret aritmetika yang valid. Metode yang digunakan dalam mengembangkan produk adalah metode Research and Development (R & D) dengan model PPE. Model PPE terdiri dari tiga tahap pengembangan yang meliputi tahap Planning (Perencanaan), Production (Produksi) dan Evaluation (Evaluasi). Kegiatan yang dilakukan pada tahap planning dalam penelitian ini adalah analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan pemilihan bahan ajar. Sedangkan kegiatan yang dilakukan pada tahap production dalam penelitian ini adalam pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Problem Based Learning dan penyusunan instrumen penilaian kualitas Lembar Kerja Peserta Didik. Setelah produk selesai dibuat, maka langkah selanjutnya adalah menilai produk untuk mengetahui seberapa tinggi produk dapat memenuhi spesifikasi yang telah ditentukan. Kegiatan penilaian dan validasi produk dalam penelitian ini dilakukan oleh tiga dosen Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai ahli media dan ahli materi. Berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi, Lembar Kerja Peserta Didik yang dikembangkan dinyatakan valid dengan perolehan nilai rata-rata ahli media 0,93 dan ahli materi 0,91 serta berada pada kategori tinggi. Pernyataan valid tersebut didasarkan pada kriteria validitas produk yang digunakan dalam penelitian ini yaitu apabila skor validitas V Aiken yang didapatkan berada pada rentang 0,81 sampai dengan 1,00 dan berada pada kategori tinggi. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Problem Based Learning pada materi barisan dan deret aritmetika kelas VIII yang dikembangkan valid dan layak digunakan oleh peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Problem Based Learning, Barisan dan Deret Aritmetika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 26 Sep 2022 09:53
Last Modified: 26 Sep 2022 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53433

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum