“PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MAN 3 BANTUL YOGYAKARTA PADA MATERI BARIS DAN DERET GEOMETRI”

Diana Intan Ramadhani, NIM.: 18106000033 (2022) “PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MAN 3 BANTUL YOGYAKARTA PADA MATERI BARIS DAN DERET GEOMETRI”. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (“PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MAN 3 BANTUL YOGYAKARTA PADA MATERI BARIS DAN DERET GEOMETRI”)
18106000033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (“PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MAN 3 BANTUL YOGYAKARTA PADA MATERI BARIS DAN DERET GEOMETRI”)
18106000033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah ada pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa MAN 3 Bantul; 2) seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa MAN 3 Bantul Yogyakarta. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di MAN 3 Bantul Yogakarta pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 42 siswa pada kelas XI Agama 1 dan XI Agama 2 dengan teknik pengambilan sample menggunakan simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes skala kecerdasan emosional dan tes tertulis hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana yang telah melalui uji asumsi klasik seperti uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji liniearitas. Setelah melalui uji asumsi klasik langkah berikutnya yaitu melalui uji hipotesis seperti uji t, koefisien determinasi, dan interpretasi model. Analisis data dilakukan dengan bantuan aplikasi software SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). terdapat pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar sebesar 12,8% sedangkan sisanya 87,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sumbaji Putranto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 26 Sep 2022 10:25
Last Modified: 26 Sep 2022 10:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53436

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum