ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DALAM PEMBELAJARAN MODEL BLENDED LEARNING KELAS X MAN 2 KEBUMEN

Dian Budi Utami, NIM.: 18106000043 (2022) ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DALAM PEMBELAJARAN MODEL BLENDED LEARNING KELAS X MAN 2 KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DALAM PEMBELAJARAN MODEL BLENDED LEARNING KELAS X MAN 2 KEBUMEN)
18106000043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DALAM PEMBELAJARAN MODEL BLENDED LEARNING KELAS X MAN 2 KEBUMEN)
18106000043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar dan hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran model blended learning. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar dan hasil belajar matematika siswa. Kemudian penelitian ini juga dimaksudkan untuk mengetahui upaya guru untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran dengan model blended learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun populasinya adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Kebumen. Teknik pemilihan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling dengan jumlah 21 responden. Instrumen untuk variabel kemandirian belajar adalah angket dan pedoman wawancara kemandirian belajar. Sedangkan untuk variabel hasil belajar menggunakan tes dan pedoman wawancara hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar berada pada kategori sedang. Terdapat faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar, diantaranya adalah inisiatif belajar, penetapan tujuan belajar, pemilihan strategi belajar, serta adanya pembiasaan belajar mandiri. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa diantaranya yaitu penyediaan sumber belajar, penggunaan strategi mengajarkan materi dengan pendekatan kontekstual serta diskusi, serta pembiasaan belajar mandiri. Kemudian, hasil belajar siswa berada pada kategori sedang. Terdapat faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu faktor internal seperti motivasi dan minat belajar siswa serta faktor eksternal seperti lingkungan sekolah dan keluarga. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu memberikan motivasi bagi siswa, memberikan penjelasan materi, serta memberikan apresiasi untuk membuat siswa bersemangat dalam meningkatkan hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sumbaji Putranto, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar, hasil belajar matematika, blended learning
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 26 Sep 2022 10:31
Last Modified: 26 Sep 2022 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53437

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum