PENGEMBANGAN E-KOMIK MATEMATIKA ISLAM UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL

Endang Khoirunnisa, NIM.: 181060000044 (2022) PENGEMBANGAN E-KOMIK MATEMATIKA ISLAM UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-KOMIK MATEMATIKA ISLAM UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL)
18106000044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-KOMIK MATEMATIKA ISLAM UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL)
18106000044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran yang valid berupa e-komik untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi aritmetika sosial. E-komik ini diberi judul KOMETS (Komik Islami Aritmetika Sosial) untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematika. E-komik ini memuat konten utama materi dan soal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan PPE. Tahap pengembangan PPE meliputi Planning (Perencanaan), Production (Produksi), dan Evaluation (Evaluasi). Kevalidan e-komik dilakukan melalui uji penilaian kualitas oleh para ahli sehingga dapat dinyatakan valid. Penilaian kualitas e-komik dilakukan oleh empat ahli materi dan empat ahli media. Berdasarkan hasil penilaian yang telah dilakukan, diperoleh skor penilaian dari ahli materi sebesar 101 dengan persentase 87,82%. Kemudian skor dari ahli media sebesar 98,75 dengan persentasenya yaitu 89,77%. Dari hasil tersebut menyatakan bahwa e-komik yang dikembangkan termasuk kriteria sangat baik sehingga memenuhi kriteria valid. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa e-komik ini layak digunakan untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi aritmetika sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Burhanuddin Latif, M. Si.
Uncontrolled Keywords: E-Komik, Kemampuan Pemecahan Masalah, Aritmetika Sosial
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 26 Sep 2022 11:51
Last Modified: 26 Sep 2022 11:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53438

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum