ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) NUMERASI DI MTs SUNNI DARUSSALAM

Siti Masyitoh Azzahra Lubis, NIM. 18106000045 (2022) ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) NUMERASI DI MTs SUNNI DARUSSALAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) NUMERASI DI MTs SUNNI DARUSSALAM)
18106000045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) NUMERASI DI MTs SUNNI DARUSSALAM)
18106000045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan salah satu bentuk evaluasi sistem pendidikan yang dicanangkan oleh pemerintah dalam rangka mengukur capaian hasil belajar kognitif siswa pada kemampuan literasi dan numerasi. Adanya AKM Numerasi berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTs Sunni Darussalam dengan subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas VIII pada tahun ajaran 2021/2022 dengan total 20 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis, dan wawancara. Instrumen soal tes berpacu pada soal AKM Numerasi yang terdiri dari 4 soal dengan domain yang berbeda dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan berdasar pada teknik analisis model Miles dan Huberman dengan langkah analisis berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal AKM Numerasi yaitu pada domain bilangan didapatkan bahwa siswa dengan LCT 1, 2, dan 3 memenuhi kriteria yang sama yaitu pada kriteria focus, reason, dan situation. Pada domain aljabar didapatkan bahwa siswa memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis yang beragam, dengan kriteria yang memenuhi LCT 1, 2 dan 3 yaitu pada kriteria focus, dan reason. Pada domain geometri, didapatkan bahwa sebagian besar siswa memenuhi LCT 1 dan lainnya memenuhi LCT 2, serta domain data dan ketidakpastian, sebagaian besar siswa memenuhi LCT 0, dan lainnya pada LCT 2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dian Permatasari M.Pd.
Uncontrolled Keywords: AKM Numerasi, Berpikir Kritis, Level Critical Thinking (LCT)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 26 Sep 2022 11:55
Last Modified: 26 Sep 2022 11:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53439

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum