ALGORITMA FLOYD WARSHALL UNTUK MENENTUKAN JALUR EVAKUASI TERPENDEK SEBAGAI MITIGASI BENCANA ERUPSI GUNUNG MERAPI

MARISA MA’SUMAH, NIM.: 18106010033 (2022) ALGORITMA FLOYD WARSHALL UNTUK MENENTUKAN JALUR EVAKUASI TERPENDEK SEBAGAI MITIGASI BENCANA ERUPSI GUNUNG MERAPI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ALGORITMA FLOYD WARSHALL UNTUK MENENTUKAN JALUR EVAKUASI TERPENDEK SEBAGAI MITIGASI BENCANA ERUPSI GUNUNG MERAPI)
18106010033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ALGORITMA FLOYD WARSHALL UNTUK MENENTUKAN JALUR EVAKUASI TERPENDEK SEBAGAI MITIGASI BENCANA ERUPSI GUNUNG MERAPI)
18106010033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung api teraktif di dunia dengan kejadian erupsi yang tidak dapat diprediksi. Di samping itu, di sekitar area tersebut terdapat Obyek Wisata Kaliurang dan dipadati oleh penduduk sehingga dapat dikategorikan sebagai kawasan beresiko tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari rute terpendek Evakuasi Pengungsi Gunung Merapi dari Obyek Wisata di Kaliurang Barat dan Kaliurang Timur menuju lokasi pengungsian terdekat dengan menggunakan algoritma Floyd Warshall sebagai upaya optimalisasi proses evakuasi. Perhitungan dimulai dengan membuat graf yang merepresentasikan obyek wisata, persimpangan jalan, dan lokasi pengungsian sebagai titik dan jalan yang menghubungkan antar titik sebagai garis. Kemudian dibuat matriks ketetanggaan dari graf tersebut dan melakukan proses perhitungan menggunakan algoritma Floyd Warshall hingga mendapatkan nilai matriks jalur terpendek antar tiap titik yang optimum. Perhitungan dilakukan secara manual dan komputasi menggunakan bantuan Python, diperoleh 5 hasil rute terpendek dari 5 obyek wisata di Kaliurang Barat dan Kaliurang Timur dengan hasil rute terpendek yaitu Tlogo Putri-Museum Gempa-Taman Wisata Kaliurang-Museum Ullen Sentulu-Taman Gardu Pandang-Kantor Desa Hargobinangun dengan panjang lintasan 9.628 meter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muchammad Abrori. S.Si., M.Kom.
Uncontrolled Keywords: graf, rute terpendek, algoritma Floyd Warshall, kawasan rawan bencana, Google Maps
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 26 Sep 2022 12:00
Last Modified: 26 Sep 2022 12:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53440

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum