AL NAQD AL IJTIMA'I FI FILM " 'ALA HALLAH 'AINI"LI LEYLA BOUZID (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMA'IYYAH ADABIYYAH LI ALAN SWINGEWOOD)

Monica Diah Ajeng Sekar Ayu, NIM.: 18101010018 (2022) AL NAQD AL IJTIMA'I FI FILM " 'ALA HALLAH 'AINI"LI LEYLA BOUZID (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMA'IYYAH ADABIYYAH LI ALAN SWINGEWOOD). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL NAQD AL IJTIMA'I FI FILM " 'ALA HALLAH 'AINI"LI LEYLA BOUZID (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMA'IYYAH ADABIYYAH LI ALAN SWINGEWOOD))
18101010018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AL NAQD AL IJTIMA'I FI FILM " 'ALA HALLAH 'AINI"LI LEYLA BOUZID (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMA'IYYAH ADABIYYAH LI ALAN SWINGEWOOD))
18101010018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Alā Ḥallah ‘Ainī merupakan sebuah film garapan Leyla Bouzid yang mendapatkan respons luar biasa dari orang-orang Tunisia. Tidak hanya di Tunisia, film ini secara keseluruhan telah ditayangkan di 28 negara lainnya. Film ini menceritakan tentang fenomena-fenomena sosial di Tunisia pada masa kediktatoran rezim Ben Ali yang banyak merugikan rakyat. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kritik sosial pengarang dalam film ‘Alā Ḥallah ‘Ainī terhadap fenomena-fenomena sosial tersebut, serta hubungan antara film ̒Alā Ḥallah ‘Ainī dan fakta-fakta sejarah di Tunisia. Untuk itu, teori sosiologi sastra Alan Swingewood digunakan sebagai pijakan dalam analisis penelitian ini. Di dalam teori tersebut terdapat dua perspektif yang digunakan, yaitu: (1) memandang karya sastra sebagai dokumen sosial yang mencerminkan suatu zaman dan (2) mengungkap sastra sebagai suatu produk dari sastrawan. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif terhadap tanda-tanda bahasa berupa dialog antartokoh di dalam film ̒Alā Ḥallah ‘Ainī. Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga bentuk kritik sosial pengarang yang terdapat di dalam film ̒Alā Ḥallah ‘Ainī karya Leyla Bouzid, yaitu kritik sosial-politik, kritik sosial-ekonomi, dan kritik sosial-budaya. Kritik-kritik sosial tersebut kemudian diperinci lagi ke dalam aspek-aspek sosial yang mencerminkan kondisi sosial di Tunisia pada masa kepemimpinan Ben Ali. Hasil penelitian juga menemukan hubungan antara film ̒Alā Ḥallah ‘Ainī karya Leyla Bouzid dan fakta-fakta sejarah yang terjadi di Tunisia sebagai tempat film tersebut diproduksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Mustari, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: ̒Ala Ḥallah ‘Ainii, Leyla Bouzid, Ben Ali, kritik sosial, Alan Swingewood, Tunisia
Subjects: Media massa > Film
Bahasa Arab > Bahasa Arab Tatabahasa - Sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Sep 2022 13:33
Last Modified: 26 Sep 2022 13:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53445

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum