ANALISIS KECACATAN PADA PRODUK TISSUE PAPER PRINTED DENGAN METODE EIGHT DISCIPLINES (8D) (Studi kasus: PT IGP Internasional Sleman)

Siti Nurmalia, NIM.: 18106060035 (2022) ANALISIS KECACATAN PADA PRODUK TISSUE PAPER PRINTED DENGAN METODE EIGHT DISCIPLINES (8D) (Studi kasus: PT IGP Internasional Sleman). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KECACATAN PADA PRODUK TISSUE PAPER PRINTED DENGAN METODE EIGHT DISCIPLINES (8D) (Studi kasus: PT IGP Internasional Sleman))
18106060035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KECACATAN PADA PRODUK TISSUE PAPER PRINTED DENGAN METODE EIGHT DISCIPLINES (8D) (Studi kasus: PT IGP Internasional Sleman))
18106060035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

PT IGP Internasional Sleman adalah perusahaan yang memproduksi Tissue Paper Printed dimana ditemui kecacatan yang berakibat produk tidak dapat dijual dan harus dikerjakan ulang, hal ini akan menambah biaya untuk proses produksi. Batas toleransi kecacatan perusahaan ini adalah 2% dan berdasarkan pengambilan data yang telah dilakukan terdapat persentase kecacatan mencapai 5.2%. Metode 8D dapat mengurangi kecacatan karena dapat memecahkan masalah dan mencegah terulangnya kecacatan. Metode ini diawali dengan pembentukan tim karena komunikasi antar divisi perlu dilakukan. Berdasarkan analisis tindakan korektif menggunakan Failure Mode and Effects Analysis (FMEA) yang telah dilakukan, jenis kecacatan yang memiliki nilai RPN tertinggi yaitu cetakan tidak register, produk tidak ke-pond, dan produk Melet. Faktor penyebab terjadinya kecacatan dianalisis pada tahap root cause analysis menggunakan diagram sebab-akibat yaitu terjadi karena faktor manusia dan metode. Usulan perbaikan untuk mengurangi persentase kecacatan yang telah diimplementasikan yaitu menambah operator mesin rotogravure, melakukan pengawasan dan pemeriksaan yang dilakukan oleh leader masing-masing proses produksi, serta memberikan sosialisasi terkait pentingnya kualitas produk dan proses produksi yang sesuai SOP dengan penyampaian saat pergantian shift. Pembaruan prosedur kerja pada proses pemotongan tahap 2 dengan pengambilan tumpukan untuk masuk mesin pond-handle tidak terlalu banyak yaitu setinggi 3 cm atau satu ruas jari orang dewasa dengan pemberian batasan garis untuk pengambilan produk dan pembaruan prosedur kerja pada proses counting dan sortir dengan melakukan pemisahan produk yang melet untuk digunakan pada tumpukan selanjutnya. Implementasi yang telah dilakukan menunjukkan adanya pengurangan persentase kecacatan yaitu sebesar 0.7% sampai 4.9%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Cahyono Sigit Pramudyo, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Metode 8D, Kecacatan, FMEA
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 26 Sep 2022 14:24
Last Modified: 26 Sep 2022 14:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53456

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum