PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “GOOGLE SITES” PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 8E

Nani Arum Pratiwi, NIM.: 18106070031 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “GOOGLE SITES” PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 8E. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “GOOGLE SITES” PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 8E)
18106070031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “GOOGLE SITES” PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 8E)
18106070031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Google Sites adalah salah satu platform yang dapat mengakomodasi pembuatan website dengan tampilan yang mudah digunakan. Adanya pandemi COVID-19 serta kurangnya penerapan student centered learing disebabkan oleh media pembelajaran yang kurang sesuai. Hal ini karena pembelajaran sekarang banyak dilakukan dengan system online. Google sites merupakan salah satu alternatif yang dapat membantu dalam proses pembelajaran, terutama pembelajaran kimia materi hukum dasar kimia. Hukum dasar kimia merupakan materi yang menjadi landasan pada perhitungan kimia. Materi ini juga merupakan materi yang menekankan pada pemahaman konsep sehingga sering terjadi miskonsepsi pada siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran google sites pada materi hukum dasar kimia berbasis model pembelajaran learning cycle 8E dan menganalisis kualitas produk melalui validasi ahli materi dan media, penilaian reviewer (guru kimia SMA/MA), dan respon siswa. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) konsep ADDIE yang terdiri atas tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pada penelitian ini tahap yang dilakukan dibatasi sampai dengan development. Draft produk ditinjau oleh dosen pembimbing dan dikoreksi empat peer reviewer. Produk divalidasi satu ahli materi dan satu ahli media. Kualitas produk dinilai oleh lima guru kimia SMA/MA dan direspon oleh 11 siswa SMA/MA kelas 10 jurusan MIPA. Validasi dan penilaian kualitas produk dilakukan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon siswa menggunakan lembar angket skala Guttman. Produk akhir adalah media pembelajaran google sites pada materi hukum dasar kimia berbasis learning cycle 8E. Media pembelajaran dilengkapi video pembelajaran, contoh penerapan baik dalam kimia maupun dalam kehidupan, lembar kerja dan latihan soal yang mengimplementasikan konsep learning cycle 8E. Hasil validasi kualitas produk oleh ahli media mendapatkan persentase 95,00% dengan kategori Sangat Baik (SB), ahli materi mendapatkan persentase 85.00% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian dari guru kimia SMA/MA mendapatkan persentase 94,33% dengan kategori Sangat Baik (SB). Media pembelajaran google sites juga direspon oleh siswa kimia SMA/MA jurusan MIPA dengan persentase sebesar 100%. Hasil penilaian menunjukan bahwa produk yang dikembangkan dapat digunakan sebagai alternatif untuk membantu proses pembelajaran dengan konsep Student Centered Learning dan membantu siswa memahami serta membangun konsep pemahaman mengenai materi hukum dasar kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Zamhari
Uncontrolled Keywords: google sites, Hukum Dasar Kimia, Learning Cycle 8E
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 26 Sep 2022 15:11
Last Modified: 26 Sep 2022 15:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53463

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum