PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SISTEM PERTAHANAN TUBUH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA/MA

Citra Ningrum Bey Putri, NIM.: 18106080022 (2022) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SISTEM PERTAHANAN TUBUH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SISTEM PERTAHANAN TUBUH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA/MA)
18106080022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SISTEM PERTAHANAN TUBUH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA/MA)
18106080022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada materi Sistem Pertahanan Tubuh Kelas XI SMA/MA dalam bentuk Komik Digital, mengetahui kelayakan Komik Digital Biologi Sistem Pertahanan tubuh, dan mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran Komik Digital Biologi. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan 4D. Pengembangan penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Banguntapan, Bantul. Instrumen pengumpulan data, berupa angket penilaian kualitas Komik oleh satu orang ahli materi, satu orang ahli media, lima orang peer reviewer, satu guru biologi dan 20 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Banguntapan, Bantul. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis menjadi data kualitatif melalui teknik analisis deskriptif. Pengembangan Komik Digital Biologi Sistem Pertahanan Tubuh telah berhasil disusun melalui beberapa tahap, diawali dengan tahap define, design dan dilanjutkan dengan tahap develop. Tahapan dimulai dari pemetaan materi, membuat jalan cerita, storyboard, balon kata, sketsa lalu pewarnaan hingga diubah menjadi file PDF yang setelah itu di uji cobakan melalui uji kualitas dan respon siswa. vi Berdasarkan penilaian ahli materi mendapatkan nilai 94% dengan kriteria sangat baik, ahli media mendapatkan nilai 79% dengan kriteria baik, peer reviewer mendapatkan nilai 91% dengan kriteria sangat baik, guru biologi mendapatkan nilai 90% dengan kriteria sangat baik dan respon siswa mendapatkan nilai 83% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan penilaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Komik Digital Sistem Pertahanan Tubuh berada pada kategori Sangat Baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran mandiri siswa dengan respon siswa yang sangat setuju dengan Komik Digital.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Mike Dewi Kurniasih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Komik Digital Biologi, Sistem Pertahahan Tubuh, Media Pembelajaran.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 26 Sep 2022 15:29
Last Modified: 26 Sep 2022 15:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53468

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum