PENGEMBANGAN KONTEN DIGITAL INSTAGRAM PEMBELAJARAN FISIKA TERINTEGRASI STIM (SAINS-TEKNOLOGI-ISLAM-MASYARAKAT) UNTUK MEMFASILITASI LITERASI DIGITAL

Alifia Dityasari, NIM.: 18106090035 (2022) PENGEMBANGAN KONTEN DIGITAL INSTAGRAM PEMBELAJARAN FISIKA TERINTEGRASI STIM (SAINS-TEKNOLOGI-ISLAM-MASYARAKAT) UNTUK MEMFASILITASI LITERASI DIGITAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KONTEN DIGITAL INSTAGRAM PEMBELAJARAN FISIKA TERINTEGRASI STIM (SAINS-TEKNOLOGI-ISLAM-MASYARAKAT) UNTUK MEMFASILITASI LITERASI DIGITAL)
18106090035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KONTEN DIGITAL INSTAGRAM PEMBELAJARAN FISIKA TERINTEGRASI STIM (SAINS-TEKNOLOGI-ISLAM-MASYARAKAT) UNTUK MEMFASILITASI LITERASI DIGITAL)
18106090035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi yang masif disertai kebutuhan zaman yang kompleks membutuhkan inovasi dan usaha alternatif untuk pembelajaran yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan 1) Mengembangkan konten digital Instagram pembelajaran fisika terintegrasi STIM (Sains-Teknologi-Islam-Masyarakat) untuk memfasilitasi literasi digital siswa. 2) Mengetahui kelayakan konten digital Instagram pembelajaran fisika terintegrasi STIM untuk memfasilitasi literasi digital siswa. 3) Mengetahui respon siswa terhadap konten digital Instagram pembelajaran fisika terintegrasi STIM untuk memfasilitasi literasi digital siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE. Tahap pengembangan meliputi (1) analyze), (2) design, (3) develop, (4) implement, dan (5) evaluate. Penelitian di batasi sampai tahap pengembangan (develop) dengan melakukan uji kelas kecil (small group trial) dan uji lapangan (field group). Penilaian kualitas kelayakan produk dengan skala likert 1-4. Respon guru fisika dan siswa tingkat MA/SMA pada uji coba kelas kecil, dan respon pengguna pada uji lapangan menggunakan skala guttman. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi produk, lembar penilaian kelayakan produk, lembar respon guru dan siswa. Hasil penelitian ini adalah konten digital Instagram pembelajaran fisika terintegrasi STIM (Sains-Teknologi-Islam-Masyarakat) untuk memfasilitasi literasi digital siswa pada materi gerak melingkar. Hasil penilaian kualitas kelayakan produk oleh ahli materi, ahli media, dan ahli integrasi-interkoneksi secara berurutan memperoleh rerata penilaian baik (B) dengan skor 3,17, sangat baik (SB) dengan skor 3,44, dan sangat baik (SB) dengan skor 3,5. Hasil uji coba kelas kecil memperoleh rerata respon setuju (S) dengan skor 0,92 terhadap produk pengembangan dan uji coba lapangan memperoleh rerata respon setuju (S) dengan skor 0,92.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ika Kartika S.Pd.
Uncontrolled Keywords: Konten digital, STIM, Literasi Digital, Gerak Melingkar
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 27 Sep 2022 07:49
Last Modified: 27 Sep 2022 07:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53474

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum