RESILIENSI DALAM MENGATASI QUARTER-LIFE CRISIS MAHASISWA PRODI BKI PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Clauradita Angga Renny. S. Sos, NIM.: 19200010127 (2022) RESILIENSI DALAM MENGATASI QUARTER-LIFE CRISIS MAHASISWA PRODI BKI PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESILIENSI DALAM MENGATASI QUARTER-LIFE CRISIS MAHASISWA PRODI BKI PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKART)
19200010127_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (RESILIENSI DALAM MENGATASI QUARTER-LIFE CRISIS MAHASISWA PRODI BKI PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKART)
19200010127_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Masa dewasa awal individu berada pada posisi kritikal dan dilematis, satu sisi individu merasa sudah mencapai masa remaja yang matang, namun di sisi lain dirinya juga merasa belum cukup siap untuk menjadi dewasa seutuhya. Pada masa ini seseorang akan dihadapkan dengan berbagai banyak pilihan yang disertai dengan tanggung jawab yang belum pernah mereka hadapi sebelumnya. Hal ini menyebabkan Individu mengalami krisis emosional dan perilaku, Keadaan inilah yang disebut dengan quarter-life crisis. Mahasiswa sering kali mengalami quarter-life crisis terlebih lagi adalah mahasiswa semester akhir, dimana berbagai hal dan tantangan mulai bermunculan, seperti beban tugas akhir, masalah finansial yang belum stabil, bembentukan awal karir, percintaan, tuntutan dari lingkungan sosial, dll. Untuk dapat bertahan dan mengatasi masa-masa sulit tersebut maka seseorang membutuhkan resiliensi. Resiliensi merupakan suatu kemampuan yang dimiliki individu untuk menghadapi dan mengatasi kesulitan dan tekanan hidup dengan cara yang adaptif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi quarter-life crisis dan aspek-aspek pembentuk resiliensi mahasiswa prodi BKI pascasarjana UIN Sunan Kalijaga dalam mengatasi quarter-life crisis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur. Data diperoleh dari lima subyek penelitian dengan kriteria mahasiswa semester akhir prodi BKI pascasarjana UIN Sunan Kalijaga yang mengalami quarter-life crisis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan tekhnik analisis kualitatif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian yang diperoleh terkait kondisi quarter-life crisis yaitu bahwa mahasiswa mengalami (kebimbangan dalam memilih keputusan) yang ditandai dengan sikap bimbang terhadap prioritas hidupnya. (Putus asa) yang ditandai dengan perilaku tidak melakukan bimbingan tesis secara berkala. (Penilaian diri yang negatif) yang ditandai dengan membanding-bandingkan pencapaian diri dengan orang lain. (Perasaan tertekan) karena tesis belum selesai dan dorongan dari lingkungan sekitar untuk segera lulus dan mendapatkan pekerjaan yang layak. (Perasaan cemas) terhadap masa depannya dan pencapaian karir yang belum jelas untuk masa depan. Hasil penelitian mengenai proses resiliensi yaitu (Succumbing/mengalah) mahaiswa merasa putus asa, pasrah, pesimis dengan masa depannya, dan merasa gagal. (Survival/bertahan) yang ditandai dengan membaca buku motivasi, mengikuti semiar, bertanya pada ahli.(Recovery/pemulihan) yang ditandai dengan sikap sabar, tenang, optimis, dan percaya diri dalam mengadapi masalah yang terjadi. (Thriving/berkembang pesat) Hidup menjadi tenang, optimis, tidak membanding-bandingkan diri, fokus pada tujuan, dan hidup menjadi terarah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Imam Mujahid., S. Ag., M. Pd
Uncontrolled Keywords: Resiliensi, Quarter-Life Crisis, Mahasiswa
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Sep 2022 09:13
Last Modified: 27 Sep 2022 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53481

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum