DAMPAK PENGGUNAAN TRAKTOR TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL DAN EKONOMI MASYARAKAT PETANI DI KECAMATAN SETIA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA

Wildan Mukhtari, S.Sos, NIM.: 19200010161 (2022) DAMPAK PENGGUNAAN TRAKTOR TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL DAN EKONOMI MASYARAKAT PETANI DI KECAMATAN SETIA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PENGGUNAAN TRAKTOR TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL DAN EKONOMI MASYARAKAT PETANI DI KECAMATAN SETIA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA)
19200010161_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PENGGUNAAN TRAKTOR TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL DAN EKONOMI MASYARAKAT PETANI DI KECAMATAN SETIA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA)
19200010161_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Seiring berjalannya waktu dunia ini terus berkembang dan semakin maju dari berbagai bidang seperti pendidikan dan juga pertanian. Kemajuan dalam bidang pertanian tidak sebatas dalam sektor pertanian skala besar namun juga pada pertanian kecil di pedesaan. Karenanya banyak terjadi perubahan pada sistem dan alat-alat pertanian yang digunakan mulai dari bajak tradisional dengan kerbau ke penggunaan traktor, menyebabkan adanya sedikit perubahan pada nilai sosial, serta perubahan ekonomi masyarakat. Adapun penelitian memiliki maksud mengetahui bagaimana penggunaan traktor pada pertanian, bagaimana perubahan yang terjadi pada petani seperti perubahan sosial dan ekonomi dengan adanya penggunaan traktor tersebut. Penelitian ini bertempat di Kecamatan SetiaKabupaten Aceh Barat Daya. Penelitian ini langsung dilakukan dilapangan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode dokumentasi, wawancara dan observasi. Adapun subjek penelitiannya merupakan pegawai kecamatan khususnya bidang Pendidikan dan pertanian, perangkat gampong Pisang, kejrun blang kecamatan, dan petani. Setelah melakukan penelitian ini penulis menemukan bahwa dengan adanya penggunaan traktor dalam pertanian terjadi perubahan. Pertama. Perubahan ekonomi petani mengatakan dengan adanya traktor hasil pertanian mengalami peningkatan yang cukup signifikan bisa mencapai 2 kali lipat, dari lahan 1 hektar semulanya menghasilkan 5 ton gabah sekarang mencapai 10 ton dengan harga jual Rp.4000 sampai Rp.5000 per kg tergantung varietasnya. disamping itu ada juga buruh tani yang kehilangan pekerjaan dengan adanya traktor. Kedua. perubahan sosial dengan adanya penggunaan traktor petani mengatakan mereka merasakan banyak nilai-nilai sosial dalam masyarakat yang berubah, seperti melemahnya ikatan sosial kekeluargaan sesama petani, perubahan acara kenduri blang, dan juga terjadi perubahan dalam mengambil kebijakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muryanti, S.Sos., M.A.
Uncontrolled Keywords: Traktor, Perubahan Ekonomi, Perubahan Sosial
Subjects: Ekonomi Masyarakat
Sosial, Perubahan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Sep 2022 09:16
Last Modified: 27 Sep 2022 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53482

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum