DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PEREMPUAN PEMULUNG DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL (STUDI KASUS DI KAMPUNG KARANGANYAR YOGYAKARTA)

Liza Fakhruni Nasution, S.Hum., NIM.: 19200010163 (2022) DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PEREMPUAN PEMULUNG DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL (STUDI KASUS DI KAMPUNG KARANGANYAR YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PEREMPUAN PEMULUNG DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL (STUDI KASUS DI KAMPUNG KARANGANYAR YOGYAKARTA))
19200010163_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PEREMPUAN PEMULUNG DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL (STUDI KASUS DI KAMPUNG KARANGANYAR YOGYAKARTA))
19200010163_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perempuan telah memiliki tuntutan untuk bersikap mandiri. Selain guna untuk mengembangkan dirinya, hal ini juga dilakukan guna pengembangan bakat yang dimiliki. Dapat dikatakan bahwa perempuan khususnya di Indonesia saat ini mengalami kondisi yang dilematis. Mereka dituntut untuk berperan dalam berbagai sektor tanpa melupakan peran mereka sebagai ibu rumah tangga sebagai kodratnya juga. Begitupun perempuan yang berprofesi sebagai pemulung (perempuan pemulung), selain faktor ekonomi dan kemiskinan, faktor urbanisasi juga di kelompok masyarakat desa juga menjadi salah satu latar belakang perempuan menjadi pemulung. Di Yogyakarta sendiri terdapat beberapa tempat yang menjadi titik kumpul kelompok pemulung dan mayoritas kelompok tersebut biasanya berada di sekitaran TPA (Tempat Pembuangan Akhir) atau ada juga yang memilih tinggal di pinggiran kali salah satunya Kampung Karanganyar. Kampung ini terletak di pinggir terusan kali code. Sebagai seorang pemulung dan juga sebagai ibu rumah tangga tentunya bukanlah hal yang mudah bagi perempuan. Adanya dukungan sosial dapat menjadikan mental dan psikis perempuan menjadi lebih baik. Dengan menggunakan metode kualitatif dan merupakan penelitian lapangan (field research) secara deskriptif menguraikan hasil dari penelitian berdasarkan apa yang ada dilapangan. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima dukungan sosial yang diperoleh oleh perempuan pemulung di Kampung Karanganyar ini. Pertama, Dukungan emosi ini merupakan dukungan yang melibatkan empati, dukungan ini berasal dari lingkup terdekat yaitu keluarga. Kedua, Dukungan penghargaan yaitu berupa ungkapan-ungkapan positif membangun yang didapatkan klien dari rekan ataupun lingkungannya. Ketiga, Seperti yang diketahui bahwa dukungan instrumental yaitu dukungan yang berupa materi berupa pinjaman uang, pemberian barang, makanan serta pelayanan. Keempat, Dukungan informasi ini biasanya dapat berupa saran ataupun masukan yang pada akhirnya digunakan sebagai sarana pemecahan masalah bagi seseorang. Kelima, Dukungan jaringan sosial ini merupakan suatu bentuk dukungan yang berasal dari sekitar individu selain keluarga seperti lingkup pertemanan, persahabatan ataupun jaringan sosial. Berdasarkan data yang terdapat dilapangan, terdapat dua peningkatan kesejahteraan yang dirasakan perempuan pemulung ini berkat adanya dukungan sosial. Pertama, peningkatan kesejahteraan dari segi pendidikan yaitu didukung dengan adanya rumah belajar seperti Rumah Belajar Indonesia Bangkit (RBIB) dan juga Rumah Impian Indonesia (Dream House Indonesia). Kedua, peningkatan dari segi ekonomi yaitu para perempuan pemulung mulai merambah ke bidangbidang lain diluar memulung seperti bidang perdagangan. Ketiga, Peningkatan kesejahteraan dari segi keterampilan. Keempat, Peningkatan dari segi psikologis. Kelima, Peningkatan dari segi daya tahan (Resiliensi).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Perempuan Pemulung, Dukungan Sosial, Peningkatan Kesejahteraan.
Uncontrolled Keywords: Pembimbing: Dr. Latiful Khuluq, M.A, BSW, PH.D
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Gender
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Sep 2022 10:34
Last Modified: 27 Sep 2022 10:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53483

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum