STRATEGI PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH MADANI YOGYAKARTA

Nining Dahlia, NIM.: 19200012012 (2022) STRATEGI PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH MADANI YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH MADANI YOGYAKARTA)
19200012012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH MADANI YOGYAKARTA)
19200012012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengam teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling, yaitu data diambil dari orang yang mengetahui dan memiliki informasi pokok mengenai topik penelitian, diantaranya Kepala Program Studi sekaligus dosen STIT Madani Yogyakarta, staf perpustakaan, wakil ketua BEM, dan beberapa mahasiswa yang aktif dalam kegiatan pemanfaatan perpustakaan. Selanjutnya analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Kemudian untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan meningkatkan ketekunan, triangulasi, bahan referensi atau sumber, dan member check. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Kegiatan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar mahasiswa diantaranya,(a)Reading Habit misalnya tahfidz, tahsin, hifdzul mutun, mahasiswa wajib membaca buku materi di perpustakaan sebelum kuliah dimulai dan Muroja’ah di perpustakaan, (b)Writing atau menulis seperti pelatihan menulis kaligrafi dan pelatihan menulis karya ilmiah,(c)Perpustakaan sebagai tempat mengerjakan tugas mahasiswa. (2) Strategi yang dilakukan dalam melaksanakan pemanfaatan perpustakaan diantaranya yaitu terdapat tiga bentuk bagian strategi yaitu (a)startegi yang ditujukan untuk dosen, pegawai dan staf (pembentukan tim perpustakaan, peningkatan kemampuan staf dan pegawai serta melakukan evaluasi). (b) strategi dari bagian SARPRAS atau sarana dan prasarana (mengkondisikan lingkungan fisik, meningkatkan fasilitas, serta pemasangan AC dan kipas angin). (c)startegi yang dibentuk oleh perpustakaan guna terwujudnya tujuan yang dicapai sebagai pemanfaatan perpustakan sebagai sumber belajar (menumbuhkan pembiasaan membaca di perpustakaan, menyediakan koleksi sesuai kurikulum perkuliahan, menyelenggarakan perlombaan, menyelenggarakan bimbingan belajar dan mengadakan acara bedah buku).(3) Faktor pendukung kegiatan pemanfaatan perpustakaan diantaranya adanya jiwa semangat dalam menuntut ilmu, lingkungan yang nyaman, kerjasama yang baik antar warga STIT Madani Yogyakarta, adanya fasilitas teknologi yang memadai, adanya alokasi dana serta waktu, dan dosen selalu semangat membimbing mahasiswa.Sedangkan kendalanya yaitu koleksi kurang lengkap dan keterbatasan anggota tim perpustakaan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Anis Masruri, S. Ag., S.IP., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Perpustakaan, Belajar, Strategi Perpustakaan
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Perpustakaan > Perpustakaan Perguruan Tinggi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Sep 2022 10:40
Last Modified: 27 Sep 2022 10:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53484

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum