HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR, KEPERCAYAAN DIRI DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA N 1 NGAGLIK DI MASA PANDEMI COVID 19

Ahmad Qomarudin Zain, NIM.: 19200012024 (2022) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR, KEPERCAYAAN DIRI DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA N 1 NGAGLIK DI MASA PANDEMI COVID 19. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR, KEPERCAYAAN DIRI DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA N 1 NGAGLIK DI MASA PANDEMI COVID 19)
19200012024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR, KEPERCAYAAN DIRI DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA N 1 NGAGLIK DI MASA PANDEMI COVID 19)
19200012024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kemandirian belajar merupakan kesadaran individu dalam aktivitas belajar yang didasari oleh sikap tanggung jawab, inisiatif, dan tidak tergantung oleh orang lain untuk mencapai tujuan belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar, kepercayaan diri dan dukungan orang tua terhadap kemandirian belajar siswa. Alat pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar, skala kepercayaan diri, skala dukungan orang tua dan skala kemandirian belajar. Sampel untuk penelitian ini mencakup 182 siswa dikumpulkan menggunakan tehnik cluster random sampling. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar, kepercayan diri dan dukungan orang tua secara bersama-sama terhadap kemandirian belajar siswa SMA N 1 Ngaglik di masa pandemi COVID-19, adapun nilai koefisien korelasi sebesar 0,645 dan p sebesar 0,000 (p<0,05). Artinya semakin tinggi motivasi belajar, kepercayaan diri dan dukungan orang tua maka semakin tinggi kemandirian belajar siswa, sebaliknya semakin rendah motivasi belajar, kepercayaan diri dan dukungan orang tua maka semakin rendah kemandirian belajar siswa. Adapun kontribusi motivasi belajar, kepercayaan diri, dan dukungan orang tua secara bersama-sama terhadap kemandirian belajar sejumlah 41,6%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Astri Hanjarwati, S.Sos., M.A.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Kepercayaan Diri, Dukungan Orang Tua, Kemandirian Belajar, Covid-19.
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikologi > Psikologi Remaja
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Sep 2022 10:57
Last Modified: 27 Sep 2022 10:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53490

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum