IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK BERBASIS HOTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CRITICAL THINKING PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA N 1 BANGUNTAPAN

Khoirul Ma’shumah, NIM.: 18204011039 (2022) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK BERBASIS HOTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CRITICAL THINKING PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA N 1 BANGUNTAPAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK BERBASIS HOTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CRITICAL THINKING PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA N 1 BANGUNTAPAN)
18204011039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK BERBASIS HOTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CRITICAL THINKING PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA N 1 BANGUNTAPAN)
18204011039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berfikir kritis salah satu kompetensi yang penting dikembangkan kepada peserta didik Sekolah Menengah Atas. Berfikir kritis berguna untuk membuat keputusan yang rasional dalam memecahkan masalah. Kemampuan berfikir kritis menjadi tameng terhadap degradasi moral. Melalui penilaian autentik berbasis HOTS pada mata pelajaran PAI diharapkan peserta didik mampu menumbuhakan dan memiliki pembiasaan dalam berfikir tingkat tinggi yang diimplementasikan kedunia nyata. Penilaian autentik salah satu bentuk penilaian yang mengukur kompetensi siswa secara holistik, berbasis kinerja sehingga peserta didik mampu menunjukan kemampuan sebenarnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahuai bagaimana proses penerapan penilaian autentik berbasis HOTS pada mata pelajaran PAI untuk kemampuan critical thinking. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini meliputi guru PAI, kepala sekolah, waka kurikulum SMA N 1 Banguntapan. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Humberman yang terdiri dari kodensasi data, penyajian data, pengambilan keputusan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil peneltian ini adalah 1) Konsep Penilaian autentik meliputi penilaian kognitif, afektif, psikomotor. Penialian dilakukan menggunakan beberapa instrumen penilaian sesuai kompetensi yang akan diajarkan. Pada proses pembelajaran menerapkan indikator peningkatan kemampuan berfikir tingkat tinggi.2)Implementasi penilaian autentik terdiri dari Perencanaan, guru PAI membuat RPP dan rencana penilaian. Pelaksanaan, guru PAI melakukan penilaian meliputi penilaian awal pembelajaran, penialaian proses pembelajaran, penilaian akhir pembelajaran dilakukan setiap tatap mukanya. Evaluasi, dalam evaluasi guru PAI melakuakan pengumpulan, mengelompokan dan menginput data, pengolahan data serta memberikan tindak lanjut berupa remidial dan pengayaan.3) Hasil Implementasi Penilaian Autentik yaitu siswa memiliki kemampuan berfikir tingkat tinggi ditunjukan dengan prilaku respek terhadap pendapat atau penjelasan guru, dapat menafsirkan masalah aktual dengan berbagai sudut pandang, senang bertanya, percaya diri menyampaikan gagasan, mampu memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Sukiman, S.Ag, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penilaian Autentik, HOTS, Berfikir Kritis
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 27 Sep 2022 08:50
Last Modified: 27 Sep 2022 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53494

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum