SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN PSIKOLINGUISTIK DI SMP MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN GUNUNG KIDUL

Abbad Arribaath Brimantyawan, S.Pd.I, NIM.: 18204021008 (2022) SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN PSIKOLINGUISTIK DI SMP MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN GUNUNG KIDUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN PSIKOLINGUISTIK DI SMP MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN GUNUNG KIDUL)
18204021008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN PSIKOLINGUISTIK DI SMP MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN GUNUNG KIDUL)
18204021008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa Arab merupakan bahasa asing yang dipelajari di sekolah-sekolah yang ada di Indonesia. Secara lazim, bahasa Arab diajarkan di pondok pesantren dan sekolah-sekolah Islam berasrama atau Islamic boarding school. Bahasa Arab juga dipelajari di seluruh sekolah berbasis Islam, baik negeri maupun swasta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan sistem pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan psikolinguistik di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan yang dipilih adalah mereka yang memahami secara mendalam terkait dengan informasi yang dibutuhkan oleh peneliti, yakni ustadz (guru),santri dan pengurus lembaga bahasa. Penelitian dilakukan pada SMP Muhammadiyah al Mujahidin Wonosari Gunungkidul. Hasil dari penelitian adalah; 1) Sistem pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan psikolinguistik bagi siswa SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul. Secara umum sistem pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan psikolinguistik di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul mencakup tiga unsur, yaitu: Perencanaan, pelaksanaa, dan pengawasan, serta dilakukan dengan tiga teori pembelajaran bahasa, yaitu: Pembelajaran Bahasa yang behavioristik, mentalistik, dan kognitivistik, 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan psikolinguistik pada siswa SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul terbagi menjadi dua, yaitu faktor internal yang berkaitan dengan mental dan psikis seorang siswa dan faktor eksternal yang berkaitan dengan dorongan dan motivasi, 3) Kelebihan dan kekurangan dari sistem pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan psikolinguistik di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Dailatus Syamsiyah, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Sistem Pembelajaran, Bahasa Arab, Psikolinguistik.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 27 Sep 2022 09:06
Last Modified: 27 Sep 2022 09:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53497

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum