PENERAPAN METODE BERCERITA INTERAKTIF DENGAN MEDIA BIG BOOK UNTUK PERKEMBANGAN BAHASA USIA 5-6 TAHUN (PAUD Humaira Desa Amasing Kota Barat Halmahera Selatan Maluku Utara)

Aulia Wahyunisa, NIM.: 18204030021 (2022) PENERAPAN METODE BERCERITA INTERAKTIF DENGAN MEDIA BIG BOOK UNTUK PERKEMBANGAN BAHASA USIA 5-6 TAHUN (PAUD Humaira Desa Amasing Kota Barat Halmahera Selatan Maluku Utara). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PENERAPAN METODE BERCERITA INTERAKTIF DENGAN MEDIA BIG BOOK UNTUK PERKEMBANGAN BAHASA USIA 5-6 TAHUN (PAUD Humaira Desa Amasing Kota Barat Halmahera Selatan Maluku Utara))
18204020014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (PENERAPAN METODE BERCERITA INTERAKTIF DENGAN MEDIA BIG BOOK UNTUK PERKEMBANGAN BAHASA USIA 5-6 TAHUN (PAUD Humaira Desa Amasing Kota Barat Halmahera Selatan Maluku Utara))
18204020014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalah-permasalah yang urgent tentang perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun melalui metode bercerita interaktif dengan media big book. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Menganalisis penerapan metode bercerita interaktif dengan media big book, (2) Mendeskripsikan implementasi metode bercerita interaktif dengan menggunakan media big book, (3) Menemukan berbagai dampak atas implementasi metode bercerita interaktif dengan menggunakan media big book. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yang sumber data dokumen dan narasumber. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara yang dilakukan kepada stakeholders PAUD Humaira, para guru, dan beberapa anak didik. Adapun analisis dilakukan secara induktif, dengan metode Miles and Huberman, yaitu data collection, data reduction, data dispaly, dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media big book merupakan media paling efektif digunakan oleh guru untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di PAUD Humaira. (2). Ada empat tahapan dalam penerapan metode bercerita interaktif dengan media big book, yaitu: persiapan, pembukaan, inti, dan penutup. (3) Dampak positif atas penerapan metode bercerita interaktif dengan media big book, yaitu efektif untuk meningkatkan kompetensi bahasa anak usia 5-6 tahun. Sedangkan, dampak negatif atas penerapan media bercerita dengan media big book adalah bahwa media ini sangat konvensional, media ini sudah tidak relevan di era digital ini, dan media ini tidak praktis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Istiningsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Bercerita Interaktif, Media Big Book, Perkembangan Bahasa, Usia 5-6 Tahun
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 27 Sep 2022 09:40
Last Modified: 27 Sep 2022 09:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53502

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum