PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MABAR (MANDIRI BAHASA ARAB) SEBAGAI PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA UII YOGYAKARTA

Febry Ramadani S, NIM.: 18204020034 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MABAR (MANDIRI BAHASA ARAB) SEBAGAI PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA UII YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MABAR (MANDIRI BAHASA ARAB) SEBAGAI PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA UII YOGYAKARTA)
18204020034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MABAR (MANDIRI BAHASA ARAB) SEBAGAI PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA UII YOGYAKARTA)
18204020034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tesis ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran MABAR (Mandiri Bahasa Arab) pada materi Bangunan Publik yang dikemas secara menarik dengan didukung oleh audio visual dan animasi untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar siswa kelas X SMA UII Yogyakarta menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui potensi pengembangan media pembelajaran MABAR (Mandiri Bahasa Arab) siswa kelas X di SMA UII Yogyakarta; (2) untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran MABAR (Mandiri Bahasa Arab) dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa dan hasil belajar bahasa Arab siswa; (3) agar dapat mengetahui efektivitas pengembangan media pembelajaran MABAR (Mandiri Bahasa Arab) dalam peningkatan kemandirian belajar dan hasil belajar bahasa Arab siswa; (4) untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pengembangan media pembelajaran MABAR (Mandiri Bahasa Arab). Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (penelitian dan pengembangan) menggunakan pendekatan pengembangan media dengan mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall dan Dick & Carey. Teknik pengumpulan data berupa angket, observasi, dan analisis data dengan SPSS. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian lembar validasi kepada ahli media, ahli materi, guru bahasa Arab, dan angket respon peserta didik untuk memberi masukan produk yang dikembangkan. Pengisian angket oleh peserta didik untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar. Pengadaan pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) telah berhasil menghasilkan produk media pembelajaran MABAR (Mandiri Bahasa Arab) yang menjawab kebutuhan guru dan siswa untuk dapat belajar mandiri dan memaksimalkan penggunaan smartphone sebagai media untuk belajar; (2) telah berhasil menjelaskan dengan detail prosedur pengembangan media pembelajaran MABAR (Mandiri Bahasa Arab); (3) produk hasil pengembangan media MABAR (Mandiri Bahasa Arab) dinyatakan terbukti layak dan efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar siswa yang didasarkan pada hasil angket yang didapatkan dari tanggapan validator, ahli media dengan kategori sangat baik, ahli materi dengan kategori sangat baik, ahli pembelajaran dengan kategori sangat baik, dan respon siswa dengan kategori sangat baik sebesar 90.4%. Adapun hasil peningkatan kemandiran belajar ditunjukkan analisis data dari angket pretest dan posttest. Adapun peningkatan hasil belajar ditunjukkan analisis data dari prestest dan postest dari hasil uji T yang dilakukan dengan taraf kebenaran 95% diperoleh hasil signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran MABAR (Mandiri Bahasa Arab); (4) Penggunaan media pembelajaran MABAR (Mandiri Bahasa Arab) menjadi solusi alternatif untuk mendukung kegiatan pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Bahasa Arab, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 27 Sep 2022 10:11
Last Modified: 27 Sep 2022 10:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53503

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum