MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI SDIT AN-NAJAH JATINOM)

Afifah Yosi Putri, NIM.: 18204090019 (2022) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI SDIT AN-NAJAH JATINOM). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI SDIT AN-NAJAH JATINOM))
18204090019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI SDIT AN-NAJAH JATINOM))
18204090019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kepala sekolah merupakan personel sekolah yang bertanggungjawab terhadap seluruh kegiatan-kegiatan sekolah. Kepala sekolah mempunyai wewenang dan tanggung jawab penuh untuk menyelenggarakan seluruh kegiatan pendidikan di lingkungan sekolah dalam rangka meningkatkan mutu. SD IT An Najah merupakan salah satu sekolah favorit dengan berbagai keunggulannya dan salah satunya adalah kepala sekolahnya yang telah mendapatkan predikat serta gelar oleh Dinas Pendidikan Klaten menjadi kepala sekolah terbaik se-Kabupaten klaten kemudian menjadi utusan tingkat Provinsi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat (1) Bagaimana manajemen kepala sekolah SDIT An-Najah Jatinom. (2) Mengapa manajemen kepala sekolah SDIT An-Najah dapat meningkatkan mutu pendidik. (3) Apa faktor yang dapat meningkatkan mutu pendidik di SDIT An-Najah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yakni penelitian yang diadakan secara langsung dengan objek penelitian dan dilakukan suatu pengumpulan data yang berada di lapangan. Penelitian ini termasuk pendekatan kualitatif, yakni pendekatan penelitian yang mengungkap situasi sosial tertentu dengan mendeskripsikan kenyataan secara benar. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru di SDIT An-Najah Jatinom, atau elemen-elemen yang ada di sekolahan. Kemudian teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data disajikan secara deskriptif dan detil. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) SDIT An-Najah Jatinom antara lain penyusunan kurikulum setiap tahun ajaran baru dengan mengacu pada visi misi, menetapkan jadwal mengajar, pengelolaan kesiswaan dan anggaran serta langkah-langkah strategis kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pengorganisasian meliputi penyediaan sumber daya, penentuan, pengelompokan, dan pengorganisasian kegiatan yang dilaksanakan untuk tercapainya tujuan. Pelaksanaan antara lain kepala sekolah memberi teladan dan memotivasi guru agar dan evaluasi kinerja guru dan tenaga kependidikan serta evaluasi kemajuan akademik siswa. (2) SDIT An-najah Jatinom merupakan lembaga terdepan dalam menyelenggarakan proses pendidikan di mana kepala SDIT An-najah viii Jatinom melakukan supervisi pendidikan mempunyai sesuai konsep dasar yakni melaksanakan kinerja sekolah untuk meningkatkan mutu dalam hal tujuan dan penilaian yang harus dilakukan dan dicapai dalam rangka meningkatkan kualitas sejauh mana metode dan prosedur penilaian dalam penilaian kinerja SDIT An-najah Jatinom. (3) Dalam meningkatkan mutu pendidik di SDIT An-Najah beberapa faktor yang memengaruhi, yaitu keberadaan yayasan yang memberikan dukungan, pencapaian prestasi sekolah, dedikasi guru, struktur Organisasi, dan dukungan orang tua.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Sumedi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen kepala sekolah, mutu, SDIT An-Najah Jatinom
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 27 Sep 2022 10:59
Last Modified: 27 Sep 2022 10:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53507

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum