PERAN ULAMA SUKU SASAK SELAMA PANDEMI COVID-19 (STUDI PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 DI KECAMATAN BATULAYAR, KABUPATEN LOMBOK BARAT)

Nurul Aeni, NIM.: 19205022052 (2022) PERAN ULAMA SUKU SASAK SELAMA PANDEMI COVID-19 (STUDI PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 DI KECAMATAN BATULAYAR, KABUPATEN LOMBOK BARAT). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ULAMA SUKU SASAK SELAMA PANDEMI COVID-19 (STUDI PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 DI KECAMATAN BATULAYAR, KABUPATEN LOMBOK BARAT))
19205022052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN ULAMA SUKU SASAK SELAMA PANDEMI COVID-19 (STUDI PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 DI KECAMATAN BATULAYAR, KABUPATEN LOMBOK BARAT))
19205022052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Ulama suku Sasak merupakan sekelompok orang yang mempunyai karisma atau karismatik dan mempunyai figur penting di tengah masyarakat Sasak. Peran ulama tidak hanya pada ranah sosial, budaya dan keagamaan, tetapi ulama juga berperan dalam ranah yang lainnya. Sebagaimana pada fenomena pandemi Covid-19, para ulama suku Sasak mengambil peran sentral upaya meminalisasi penyebaran Covid-19. Dalam pengambilan peran para ulama suku Sasak berusaha mempengaruhi perilaku dan tindakan masyarakat dengan mendukung program pemerintah terkait dengan program protokol kesehatan selama pandemi. Meraka juga mengambil peran untuk tetap mengajak masyarakat untuk menaati Allah swt, menaati Rasulullah saw dan menaati pemimpin (pemerintah). Dengan terus mempromosikan, mensosialisasikan, memotivasi masyarakat untuk tetap stay in home demi keselamatan jiwa dengan banyak-banyak berzikir kepada Allah swt. Ada tiga hal yang dibahas dalam penelitian ini. Pertama, ulama Sasak merespons pandemi Covid-19. Kedua, strategi mengajak masyarakat upaya melawan pandemi Covid-19. Ketiga, ulama Sasak terlibat dalam upaya melawan pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan Studi Agama dan Sosiologi Agama yang bersifat diskriptif, analitik. Untuk mengetahui peran ulama suku Sasak di Kecamatan Batulayar Lombok Barat, penelitian ini menggunakan teori Talcott Parsons dengan pendekatan struktural fungsional yang memandang masyarakat sebagai sistem sosial yang terintegrasi dalam ekulibrium yaitu masyarakat saling ketergantungan satu dengan yang lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Reseach) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dengan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan peran ulama suku Sasak di Kecamatan Batulayar Lombok Barat. Secara fungsional ulama memberikan kesadaran masyarakat terhadap menaati dalam menjaga protokol kesehatan selama Pandemi Covid-19 bagian dari pada nilai ajaran agama. Selanjutnya, struktural fungsional ulama suku Sasak bersama dengan pemerintah saling bekerja sama satu dengan yang lain. Demikian terlihat ulama mengambil peran sebagai konselor yang dapat mengedukasi, mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai pentingnya masyarakat, yang berada di Kecamatan Batulayar Lombok Barat menjaga protokol kesehatan. Selanjutnya, masyarakat menerima, menerapkan apa yang sudah di sosialisasikan oleh ulama selama pandemi Covid-19. Dengan demikian, penyebaran Covid-19 di Kecamatan Batulayar Lombok Barat dapat diminalisasi oleh kehadiran ulama. Adapun bentuk dari peran ulama dalam merespons sekaligus strategi selama Covid-19. Ulama suku Sasak mampu mengajak masyarakat menaati himbauan pemerintah dengan menggunakan strategi psikologis, ruhiyah, menyediakan fasilitas perlindungan, promosi protokol kesehatan selama Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ahmad Salehudin, S. Th. I. M.A.,
Uncontrolled Keywords: Struktural, Fungsional, Ulama Suku Sasak, Pandemi Covid-19
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Sep 2022 11:29
Last Modified: 27 Sep 2022 11:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53513

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum