PEREMPUAN DAN KEMANDIRIAN SOSIAL-EKONOMI DI DAERAH TPST (TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH TERAKHIR) DUSUN NGABLAK SITIMULYO PIYUNGAN BANTUL

Desi Zuhriana, NIM.: 20200011002 (2022) PEREMPUAN DAN KEMANDIRIAN SOSIAL-EKONOMI DI DAERAH TPST (TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH TERAKHIR) DUSUN NGABLAK SITIMULYO PIYUNGAN BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEREMPUAN DAN KEMANDIRIAN SOSIAL-EKONOMI DI DAERAH TPST (TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH TERAKHIR) DUSUN NGABLAK SITIMULYO PIYUNGAN BANTUL)
20200011002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEREMPUAN DAN KEMANDIRIAN SOSIAL-EKONOMI DI DAERAH TPST (TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH TERAKHIR) DUSUN NGABLAK SITIMULYO PIYUNGAN BANTUL)
20200011002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bentuk-bentuk kemandirian perempuan dan strategi perempuan-perempuan di daerah Tempat Pembuangan Sampah Terakhir (TPST) dalam membangun kemandirian. Penelitian berjudul Perempuan dan Kemandirian Sosial -Ekonomi di Daerah TPST mencoba memperlihatkan adanya kemandirian para perempuan yang masih belum diketahui oleh masyarakat luas. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah TPST dan tergolong sebagai penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Data-data yang terhimpun didapatkan dari sumber-sumber primer dan sekunder melalui beberapa tahapan yaitu observasi, wawancara dengan interlokutor dan studi dokumentasi yang dapat memberikan informasi dan data terkait topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat bentuk -bentuk kemandirian perempuan di wilayah TPST yang diketahui berdasarkan hasil wawancara dengan perempuan atau istri di daerah Tempat Pembuangan Sampah Terakhir terdapat beberapa bentuk yaitu kemandirian emosi yang dialami oleh beberapa informan yaitu Ibu S. Y, ibu Y, ibu L, ibu W.G, ibu M, ibu A, ibu S, ibu J, ibu W, ibu S. G. Selanjutnya kemandirian ekonomi yang dialami oleh beberapa informan yaitu Ibu S. Y, ibu Y, ibu L, ibu U, ibu W.G, ibu M, ibu A, ibu S, ibu J, ibu W, ibu S. G. Kemudian kemandirian intelektual yang dialami oleh beberapa informan yaitu ibu Y, ibu L, ibu M, ibu A, ibu S, ibu W. Kemudian bentu kemandirian yang terakhir yaitu kemandirian sosial yang dialami oleh beberapa informan yaitu Ibu S. Y, ibu Y, ibu L, ibu M, ibu U, ibu A, ibu S, ibu J, ibu W. Selain bentuk-bentuk kemandirian terdapat juga strategi perempuan-perempuan di daerah Tempat Pembuangan Sampah Terakhir dalam menumbuhkan kemandirian di daerah Tempat Pembuangan Sampah Terakhir terdapat beberapa strategi yaitu membagi waktu yang dialami oleh beberapa informan yaitu ibu L, ibu U, ibu A, ibu S, ibu W, ibu S. G. Strategi selanjutnya menjaga semangat yang dialami oleh beberapa informan yaitu Ibu L dan ibu J. Strategi ketiga yaitu menjalani dengan ikhlas yang dialami oleh satu informan yaitu ibu W.G. kemudian strategi yang terahir yaitu menjadikan pekerjaan sebagai sumber kebahagiaan yang dialami oleh Ibu S. Y dan ibu M.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nina Mariani Noor, S.S., M.A.
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, Perempuan, TPST (Tempat Pembuangan Sampah Terakhir)
Subjects: Ekonomi Masyarakat
Gender
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Sep 2022 11:33
Last Modified: 27 Sep 2022 11:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53514

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum