ANALISIS STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG SEBELUM DAN SAAT (MASA) PENDEMI COVID 19

Mariana Ulfa, NIM.: 18204090026 (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG SEBELUM DAN SAAT (MASA) PENDEMI COVID 19. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG SEBELUM DAN SAAT (MASA) PENDEMI COVID 19)
18204090026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG SEBELUM DAN SAAT (MASA) PENDEMI COVID 19)
18204090026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Persaingan lembaga pendidikan dan pandemic covid-19 merupakan tantangan bagi setiap lembaga pendidikan di berbagai tingkatan. Pentingnya strategi yang sesuai untuk merespon tantangan yang ada, sehingga lembaga memiliki eksistensi dan terjamin keberlangsungannya. Universitas Muhammadiyah Magelang merupakan lembaga pendidikan tinggi yang mampu merespon tantangan persaingan dan pandemic covid-19 dengan baik melalui strategi pemasaran yang dilakukan, hal ini dapat dilihat dari adanya konsistensi jumlah mahasiswa baru yang diterima dari sebelum pandemic dan saat pandemic. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif guna mengetahui strategi pemasaran jasa pendidikan yang dilaksanakan sebelum dan saat adanya pandemic covid-19. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Universitas Muhammadiyah Magelang mampu merespon tantangan persaingan dan pandemic covid-19 melalui strategi pemasarannya. adapun strategi pemasaran yang digunakan yaitu jenis bauran pemasaran atau marketing mix dengan memenuhi 7 komponen strategi yaitu 1) Produk yang unggul, 2) Biaya pendidikan yang terjangkau, 3) Akses lokasi yang strategis, 4) Poromosi melibatkan semua SDM berbasis digital dan non-digital, 5) Sumber daya manusia yang berkompeten, 6) Gedung dan fasilitas berkualitas 7) Pelayanan yang baik dan optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Hamruni, M.Si
Uncontrolled Keywords: Analisis strategi pemasaran jasa pendidikan, pemasaaran jasa pendidikan, strategi pemasaran jasa pendidikan
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 27 Sep 2022 15:54
Last Modified: 27 Sep 2022 15:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53524

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum