PENDIDIKAN KARAKTER DAN PEMBIASAAN ANTRE DI SD ISLAM AL-AZHAR CAIRO PAGAR ALAM

Asef Fahrizal, NIM.: 20200011027 (2022) PENDIDIKAN KARAKTER DAN PEMBIASAAN ANTRE DI SD ISLAM AL-AZHAR CAIRO PAGAR ALAM. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KARAKTER DAN PEMBIASAAN ANTRE DI SD ISLAM AL-AZHAR CAIRO PAGAR ALAM)
20200011027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KARAKTER DAN PEMBIASAAN ANTRE DI SD ISLAM AL-AZHAR CAIRO PAGAR ALAM)
20200011027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan karakter adalah hal yang paling mendasar untuk diajarkan kepada setiap insan. Mulai dari usia dini pendidikan karakter menjadi hal penting dan penentu terbentuknya sebuah karakter bagi manusia. Salah satu pendidikan karakter yang dapat diajarkan kepada seseorang adalah pembiasaan antre yang dapat dimulai dari usia sekolah dasar. Sejauh ini masih banyak masyarakat yang belum menyadari akan pentingnya menghargai hak orang lain yang merupakan esensi dari karakter antre itu sendiri. Sikap antre di setiap aktivitas harian yang dilakukan oleh setiap orang akan berpengaruh terhadap sikap dan watak seseorang, antara lain dapat memberikan kesadaran akan giliran atau urutan masing-masing orang, memberikan pemahaman akan pentingnya menghargai hak orang lain pada saat antre, meningkatkan rasa empati bagi sesama, kesedian untuk menunggu giliran yang sesuai dengan gilirannya. Oleh karena itulah pembiasaan antre yang tepat perlu dijadikan langkah awal menumbuhkan karakter seseorang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dapat merepresentasikan kondisi SD Islam Al-Azhar Cairo Pagar Alam sebagai tempat penelitian dilaksanakan. Dengan melibatkan orang tua, guru, dan kepala sekolah, penelitian ini dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi setiap aktivitas yang ditemui selama penelitian berlangsung. Pentingnya pendidikan karakter khususnya antre membuat penulis menjadikan hal ini objek dalam penelitian. Dari penelitian ini, penulis menemukan beberapa macam metode antre yang diterapkan di SD Islam Al-Azhar Cairo Pagar Alam, yaitu antre berdasarkan nomor absen, antre berdasarkan sikap siswa, dan antre berdasarkan pilihan guru. Orang tua yang menjadi mitra pendidikan selama siswa di rumah merupakan kuci keberhasilan pembiasaan antre dan pendidikan karakter siswa dapat tercapai dengan baik. Untuk mengukur keberhasilan penerapan antre di sebuah sekolah, guru membutuhkan checklis pengamatan kepada siswa pada saat penerapan pembiasaan antre dilakukan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nina Mariani Noor, S.S., M.A.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Antre, Menghargai Hak Orang Lain
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Sep 2022 08:20
Last Modified: 28 Sep 2022 08:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53527

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum