METODE PEMBELAJARAN DISKUSI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK BAGI SISWA KELAS VIII DI MTsN CIMERAK-CIAMIS

SITI MASITOH - NIM. 06410028 (2011) METODE PEMBELAJARAN DISKUSI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK BAGI SISWA KELAS VIII DI MTsN CIMERAK-CIAMIS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBELAJARAN DISKUSI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK BAGI SISWA KELAS VIII DI MTSN CIMERAK-CIAMIS)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBELAJARAN DISKUSI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK BAGI SISWA KELAS VIII DI MTSN CIMERAK-CIAMIS)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang Metode Pembelajaran Diskusi Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak bagi Siswa Kelas VIII di MTsN Cimerak-Ciamis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar Madrasah Tsanawiyah Negeri Cimerak-Ciamis. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data yaitu membandingkan data hasil pengamatan langsung (observasi) dengan data hasil wawancara dan hasil yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa: (1) Keadaan siswa kelas VIII saat mengikuti proses pembelajaran Akidah Akhlak dengan metode diskusi di MTsN Cimerak-Ciamis yaitu; Masih terdapat beberapa siswa ketika mengikuti proses pembelajaran kurang konsentrasi dan kurang memperhatikan. Hal ini disebabkan karena ada beberapa siswa yang ramai, melamun, tidur-tiduran, berdiskusi dengan topik masing-masing, keluar masuk kelas dan juga masih memperhatikan keadaan di luar kelas yang sedang mengikuti olah raga. (2) Proses pelaksanaan metode diskusi pada pembelajaran Akidah Akhlak meliputi tiga kegiatan, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan keiatam akhir. Pada kegiatan awal guru mengucapkan salam dan membaca basmallah kemudian melakukan pre test. Kegiatan inti, guru membagi siswa menjadi 4 kelompok dan meminta siswa untuk mendiskusikan pertanyaan yang sudah diberikan. Kemudian setelah selesai diskusi guru meminta kepada perwakilan setiap kelompok untuk mempresentasikannya di depan kelas. Kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanggapinya. Selanjutnya pada kegiatan akhir, guru menjelaskan materi mengenai poin-poin penting yang sudah didiskusikan. Kemudian guru menutup proses pembelajaran dengan bacaan hamdallah. (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat metode pembelajaran diskusi pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Faktor pendukungnya yaitu; Sikap guru yang ramah dan baik menjadikan siswa senang mengikuti mata pelajaran Akidah Akhlak, Adanya pembentukan kelompok dalam proses pelaksanaan pembelajaran diskusi dapat mendorong siswa kerajasama siswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan, Adanya kemauan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran diskusi pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Adapun faktor penghambatnya yaitu; adanya keterbatasan waktu dalam melaksanakan proses pembelajaran diskusi, siswa masih ragu-ragu dan malu dalam mengeluarkan pendapat, ada beberapa siswa yang kurang memperhatikan ketika proses pembelajaran dan keadaan di luar kelas yang kurang mendukung. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: DR.H. Sumedi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi , Akidah Akhlak
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 25 Mar 2024 12:11
Last Modified: 25 Mar 2024 12:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5354

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum