Ita Rufiyati, NIM. 18204091003 (2022) KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENANAMAN NILAI KARAKTER MASA PANDEMI COVID-19 (Studi pada Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem).

Solichah Nurul Hidayati, NIM.: 18204091004 (2022) Ita Rufiyati, NIM. 18204091003 (2022) KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENANAMAN NILAI KARAKTER MASA PANDEMI COVID-19 (Studi pada Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Ita Rufiyati, NIM. 18204091003 (2022) KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENANAMAN NILAI KARAKTER MASA PANDEMI COVID-19 (Studi pada Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem).)
18204091004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Ita Rufiyati, NIM. 18204091003 (2022) KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENANAMAN NILAI KARAKTER MASA PANDEMI COVID-19 (Studi pada Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem).)
18204091004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pondok Shabran dalam upayanya mengembangkan mutu kadernya telah melakukan rumusan strategik yang dirasa kompatibel dengan lingkungan internal dan eksternal. Kendati demikian, manajemen strategis yang sedang diformulasikan pondok Shabran senyatanya masih menemui beberapa problem. Data mengindikasikan masih ada beberapa kesenjangan dalam manajemen strategik yang berpotensi menghambat perkembangan kompetensi kader atau mahasantri Shabran. Dalam rangka mengidentifikasi manajemen strategik pengembangan kader Muhammadiyah di pondok Shabran penulis menyederhanakan tahapan manajemen strategik menjadi dua langkah prinsipil, yaitu Pertama: langkah konseptual. Di dalamnya memuat pengembangan visi dan misi, analisis lingkungan internal dan eksternal, pembuatan tujuan dan sasaran, serta perumusan strategi. Kedua: langkah operasional. Di dalamnya memuat implementasi strategik dan evaluasi dan pengendalian strategik. Selanjutnya, berpijak pada hasil evaluasi nanti akan diidentifikasi ulang aspek pendukung dan penghambat dalam manajemen strategi pengembangan kader Muhammadiyah pada pondok. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif melalui teknik wawancara dan observasi mendalam. Teknik uji keabsahan data peneliti melakukan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Untuk teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, 1) konsep manajemen strategi pengembangan kader Muhammadiyah pondok Shabran terdiri dari: a) pengembangan visi dan misi pondok Shabran. b) melakukan analisis faktor internal dan eksternal pondok dengan SWOT bertumpu pada pendekatan partisipatory dengan melibatkan penasihat, pembina, tenaga pengajar, karyawan, masyarakat, alumni, dan santri, sebelum kemudian pimpinan mengkomunikasikannya dengan pihak UMS. 2) Implementasi Strategi pengembangan kader Muhammadiyah pondok Shabran UMS terdiri dari: a) Implementasi strategi, b) Evaluasi strategi. Faktor yang mempengaruhi manajemen strategi pengembangan kader Muhammadiyah Pondok Shabran UMS yaitu: a) Pendukung: didukung dan didanai oleh UMS, sistem pendidikan dan pembinaan yang jelas, adanya perpustakaan, SDM yang kompeten, sarana dan prasarana yang memadai, banyak program dan kegiatan yang dimaksudkan untuk mewadahi aneka minat, bakat mahasantri, peran mahasantri di organisasi kampus. b) Penghambat: ragam background sosial, budaya, pendidikan, minat dan bakat mahasantri, demotivasi mahasantri, dan mahasantri terlalu fokus diorganisasi, dan mengabaikan akademik

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Manajemen Strategik, Pengembangan Kader, Muhammadiyah
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategik, Pengembangan Kader, Muhammadiyah
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 28 Sep 2022 08:42
Last Modified: 28 Sep 2022 08:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53540

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum