MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELEGIUS ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI RA MUSLIMAT NU 084 MRICAN II PONOROGO)

Umu Safitri, NIM.: 18204091008 (2022) MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELEGIUS ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI RA MUSLIMAT NU 084 MRICAN II PONOROGO). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELEGIUS ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI RA MUSLIMAT NU 084 MRICAN II PONOROGO))
18204091008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELEGIUS ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI RA MUSLIMAT NU 084 MRICAN II PONOROGO))
18204091008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari belum tercapainya proses pembentukan karakter relegius yang sesuai harapan secara optimal dan adanya keterbatasan Sumber Daya Manusia, sehingga perlu adanya caranya guna untuk mewujudkan hal tersebut. Maka dari itu manajemen berbasis budaya sekolah di gunakan guna untuk membantu guru menemukan cara yang lebih spesifik serta meningkatkan karakter Relegius anak sesuai yang diharapkan. Manajemen pendidikan berbasis budaya sekolah ini bertujuan untuk : (1) menemukan implementasi manajemen pendidikan karakter relegius (2) menemukan implementasi bentuk- bentuk budaya sekolah yang dikembangkan (3) mendeskripsikan pembentukan karakter relegius melalui budaya sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengambil studi kasus di RAM NU 084 Mrican II Ponorogo dengan subjek, guru kelas, kepala sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, member chek, dan penggunaan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Dalam aplikasinya RA Muslimat 084 Mrican II Ponorogo menggunakan 4 (empat) fungsi manajemen yaitu : manajemen perencanaan, manajemen pengorganisasian, manajemen pelaksanaan dan manajemen pengendalian. (2) Budaya sekolah yang dikembangkan di RAM NU Mrican II Ponorogo yaitu dalam bentuk kegiatan pembiasaan rutin meliputi sholat berjamaah, heck list ibadah harian, Shodaqoh Jum‟at, Tahfidz Juz‟Amma, Sabtu Bersih, dan melalui pengembangan diri yang bersifat keteladanan meliputi membiasakan diri hidup bersih, peka lingkungan, peka hidup rapi (3) melalui budaya sekolah yang telah diterapkan dapat mempengaruhi pembentukan karakter relegius peserta didik, dari beberapa kegiatan pembiasaan tersebut dapat mempengaruhi pembentukan karakter peserta didik antara lain : Relegius, mandiri, Peduli Sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Sumedi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan, Budaya sekolah, Pembentukan Karakter Relegius
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 28 Sep 2022 08:50
Last Modified: 28 Sep 2022 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53541

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum