HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN SIKAP SOSIAL SISWA DI MA SUNNIYYAH SELO GROBOGAN

Khusna Farida Shilviana, NIM.: 19204010010 (2022) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN SIKAP SOSIAL SISWA DI MA SUNNIYYAH SELO GROBOGAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN SIKAP SOSIAL SISWA DI MA SUNNIYYAH SELO GROBOGAN)
19204010010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN SIKAP SOSIAL SISWA DI MA SUNNIYYAH SELO GROBOGAN)
19204010010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sikap sosial mempunyai peran yang penting untuk menjalin hubungan dengan orang lain dalam kehidupan sehari- hari. Sikap sosial merupakan tindakan seseorang untuk hidup dalam masyarakatnya seperti saling membantu, saling menghormati, dan saling berinteraksi untuk menciptakan suasana hidup yang damai, rukun, nyaman, dan tentram dimanapun berada. Diantara faktor yang menentukan sikap sosial adalah kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) menguji hubungan kecerdasan emosional dengan sikap sosial siswa; 2) menguji hubungan kecerdasan spiritual dengan sikap sosial siswa; 3) menguji hubungan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama dengan sikap sosial siswa; 4) menguji sumbangan efektif masing-masing kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap sikap sosial siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala kecerdasan emosional untuk mengukur kecerdasan emosional, skala kecerdasan spiritual untuk mengukur kecerdasan spiritual, dan skala sikap sosial untuk mengukur sikap sosial. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 92 dengan menggunakan teknik sampling stratified random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi dengan bantuan SPSS 26 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan sikap sosial siswa dengan nilai p = 0,001 (0,001 < 0,05); 2) ada hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan spiritual dengan sikap sosial siswa dengan nilai p = 0,000 (0,000 < 0,05); 3) ada hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama dengan sikap sosial siswa dengan nilai p = 0,000 (0,000 < 0,05); 4) kontribusi efektif (R2) adalah sebesar 0,519 atau 51,9%. Sehingga 51,9% sikap sosial siswa dipengaruhi oleh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual kemudian sisanya 48,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Adapun rincian sumbangan efektif kecerdasan emosional sebesar 23,4 % dan sumbangan efektif kecerdasan spiritual sebesar 28,5%. Sedangkan sumbangan relatif variabel kecerdasan emosional sebesar 45% dan sumbangan relatif variabel kecerdasan spiritual sebesar 55 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Suyadi, S.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Sikap Sosial.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 28 Sep 2022 08:56
Last Modified: 28 Sep 2022 08:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53542

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum