PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MODEL TAREKAT DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGAMALAN AJARAN AGAMA LANJUT USIA DI PANTI LANSIA WILOSO WREDHO KABUPATEN PURWOREJO

Ahmad Zaenurrohman Wakhid, NIM.: 19204010030 (2022) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MODEL TAREKAT DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGAMALAN AJARAN AGAMA LANJUT USIA DI PANTI LANSIA WILOSO WREDHO KABUPATEN PURWOREJO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MODEL TAREKAT DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGAMALAN AJARAN AGAMA LANJUT USIA DI PANTI LANSIA WILOSO WREDHO KABUPATEN PURWOREJO)
19204010030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MODEL TAREKAT DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGAMALAN AJARAN AGAMA LANJUT USIA DI PANTI LANSIA WILOSO WREDHO KABUPATEN PURWOREJO)
19204010030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya pemahaman keagamaan dan pengamalan keagamaan para lansia yang ada di Panti Lansia Wiloso Wredho Kabupaten Purworejo. Hal tersebut disebabkan oleh rendahnya tingkat pendidikan lansia yang mana 80% penghuninya berasar dari para lansia terlantar yang terjaring operasi sosial. Mereka sebagian besar belum memiliki cukup pengetahuan terkait pelaksanaan salat, membaca al-Qur‟an dan ibadah lainnya. upaya yang dilakukan oleh guru adalah mengadakan Pendidikan Agama Islam model tarekat. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti ini bertujuan untuk mengidentifikasi: 1) pemahaman keagamaan lansia di Panti Lansia Wiloso Wredho Kabupaten Purworejo sebelum dan setelah menggunakan Pendidikan Agama Islam model tarekat, 2) pengamalan keagamaan lansia di Panti Lansia Wiloso Wredho Kabupaten Purworejo sebelum dan setelah menggunakan Pendidikan Agama Islam model tarekat, 3) Pengaruh Pendidikan Agama Islam model tarekat terhadap pemahaman keagamaan lanjut usia di Panti Wiloso Wredho Kabupaten Purworejo, dan 4) Pengaruh Pendidikan Agama Islam model tarekat terhadap pengamalan keagamaan lanjut usia di Panti Wiloso Wredho Kabupaten Purworejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah para lansia di Panti Lansia Wiloso Wredho Kabupaten Purworejo berjumlah 30 lansia. Sampel penelitian yang digunakan yaitu sampel jenuh, dimana semua populasi diambil untuk dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Hasil skor prosentase pretest variabel pemahaman keagamaan yakni sebesar 70% dan posttest yakni sebesar 100%. (2) Hasil skor prosentase pretest variabel pengamalan keagamaan yakni sebesar 70% dan posttest yakni sebesar 60%. (3) Terdapat pengaruh yang positif antara Pendidikan Agama Islam model tarekat terhadap pemahaman keagamaan lansia dengan presentase sebesar 27%, dan (4) Terdapat pengaruh yang positif antara Pendidikan Agama Islam model tarekat terhadap pengamalan keagamaan lansia dengan presentase sebesar 14%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Wasith Achadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam Model Tarekat, Pemahaman Keagamaan, Pengamalan Keagamaan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 28 Sep 2022 09:01
Last Modified: 28 Sep 2022 09:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53543

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum