UPAYA PENANAMAN AKHLAK AL KARIMAH PADA WANITA HAMIL DI LUAR NIKAH DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA (BPRSW) YOGYAKARTA

Isna Annisa Permatasari, NIM.: 19204010082 (2022) UPAYA PENANAMAN AKHLAK AL KARIMAH PADA WANITA HAMIL DI LUAR NIKAH DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA (BPRSW) YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENANAMAN AKHLAK AL KARIMAH PADA WANITA HAMIL DI LUAR NIKAH DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA (BPRSW) YOGYAKARTA)
19204010082_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENANAMAN AKHLAK AL KARIMAH PADA WANITA HAMIL DI LUAR NIKAH DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA (BPRSW) YOGYAKARTA)
19204010082_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilandasi dengan dampak kasus-kasus pelecehan seksual dan ibu hamil diluar nikah sangat memprihatinkan maka, pemerintah tidak boleh diam, harus tegas menghadapi hal ini, karena disamping menjadi tugas disetiap warga negara. pemerintah juga harus bergerak di dalam mengatasi masalah ini. Salah satu upaya pemerintah adalah mendirikan Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita (BPRSW) Yogyakarta dengan sasaran klien wanita berusia 17-40 tahun dengan kondisi pribadi dan lingkungan mengalami disharmoni sosial, penyimpangan norma sehingga rawan terhadap gangguan psikologis. Klien yang ada di BPRSW Yogyakarta mengalami beberapa disfungsi sosial, meliputi wanita rawan sosial ekonomi, wanita dari keluarga broken home, wanita putus sekolah dan tidak memiliki keterampilan, korban kekerasan seksual, wanita korban KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga), wanita pekerja migran bermasalah sosial, perdagangan orang, dan wanita dengan kehamilan tidak diinginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis konsep dan strategi upaya penanaman akhlak al-karimah pada wanita hamil di luar nikah di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita (BPRSW) Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita (BPRSW) Yogyakarta menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu: Kepala Balai Perlindungan dan Rehabilitas Sosial Wanita, Kepala Bidang PAI dan penghuni Balai Perlindungan dan Rehabilitas Sosial Wanita (BPRSW) Yogyakarta. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan yaitu melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Data dianalisis menggunakan uji keabsahan data triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) mengenai latar belakang permasalahan setiap klien yang berbeda jadi dalam penanganannya juga sesuai dengan porsinya masing-masing dengan banyak faktor yang melatarbelakangi kehamilan di luar nikah mereka seperti seks bebas, faktor keluarga, perkembangan IPTEK yang berdampak negatif dan peran keagamaan, 2) BPRSW Yogyakarta melakukan sosialisasi mengenai keberadaan BPRSW Yogyakarta dan untuk memberikan pengetahuan serta pemahaman kepada masyarakat mengenai masalah masalah sosial, tahap inti disini adalah tahap rehabilitasi, tahap akhir disini adalah tahap resosialisasi hingga tahap bimbingan lanjut.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Dwi Ratnasari, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Akhlak Al Karimah, BRPSW Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 14 Oct 2022 10:48
Last Modified: 14 Oct 2022 10:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53544

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum